Tutorial Windows

Cara Install Windows Subsystem For Linux di Windows 10

Windows Subsystem For Linux (WSL) merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk menjalankan linux system secara langsung pada OS windows. Jadi dengan fitur ini kita tidak perlu menginstall sistem operasi linux pada virtual machine atau melakukan dual boot setup pada komputer kita.

WSL dapat menginstall aplikasi dan menjalankan hampir seluruh command line pada linux system. Sayangnya Windows Subsystem For Linux (WSL) ini hanya dapat terinstall pada Windows 10 dengan sistem 64 bit saja. Sampai saat artikel ini saya tulis, sudah terdapat WSL versi 2. Jadi kali ini akan saya tunjukkan bagaimana cara menginstall WSL dan mengupgradenya ke versi 2.

Cara Install WSL

Langkah pertama kita harus mengaktifkan fitur “Windows Subsystem For Linux” pada komputer kita. Caranya adalah dengan masuk ke Settings > Apps and Features > Program and Features. Kemudian Klik Turn Windows Features on or off. Untuk mengaktifkannya centang pada bagian “Windows Subsystem For Linux” dan klik OK.

windows subsystem for linux

Atau bisa juga dengan membuka Windows Powershell dan Run as administrator, lalu ketikkan perintah berikut ini. Kemudian tekan enter.

dism.exe /online /enable-feature /featurename:Microsoft-Windows-Subsystem-Linux /all /norestart
windows subsystem for linux

Jika kalian hanya ingin menginstall WSL versi 1 maka selanjutnya silahkan restart komputer. Tetapi jika ingin mengupgradenya ke versi 2, jangan restart terlebih dahulu. Langkah terakhir adalah menginstall distro linux pilihan kalian. Mengenai cara ini akan dijelaskan pada bagian akhir artikel.

Cara Update WSL Versi 2

Untuk dapat mengupdate WSL ke versi 2 butuh windows 10 dengan versi sebagai berikut :

  • sistem x64 : versi 1903 dengan build 18362 atau diatasnya.
  • sistem ARM64 : versi 2004 dengan build 19041 atau diatasnya.

Untuk versi dibawah itu tidak support WSL 2 jadi pastikan untuk mengupdate versi windows terlebih dahulu. Mengenai cara melihat versi windows 10 adalah dengan mengklik tombol Windows + R pada keyboard lalu ketikkan winver dan tekan enter.

windows version

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan “Virtual Machine Platform” pada komputer. Caranya adalah dengan membuka Settings > Apps and Features > Program and Features. Klik Turn Windows Features on or off. Kemudian cari dan centang pada bagian “Virtual Machine Platform”.

virtual machine platform

Selain cara tersebut, untuk mengaktifkan “Virtual Machine Platform” bisa juga dengan menggunakan Windows Powershell Run as administrator. Lalu ketikkan perintah berikut dan tekan enter. selanjutnya restart komputer secara manual.

dism.exe /online /enable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /all /norestart
virtual machine platform

Sebelum mengubah WSL ke versi 2 terlebih dahulu kita perlu menginstall linux kernel update package. Download sesuai dengan sistem komputer kalian, untuk x64 dan ARM64. Jika tidak yakin mengenai sistem pada komputer, bisa cek dengan membuka command prompt dan ketikkan systeminfo | find “System Type” lalu enter.

system info

Setelah berhasil mendownload, silahkan install seperti biasa. Klik next saja sampai selesai.

linux kernel

Selanjutnya adalah mensetting WSL 2 sebagai default version dari WSL. Caranya buka Windows Powershell dan jalankan perintah berikut ini.

wsl --set-default-version 2
default version

Jika tidak ada pesan error maka seharusnya konfigurasi WSL ke versi 2 sudah berhasil.

Menginstall Distro Linux

Buka aplikasi Microsoft Store, kemudian cari linux system yang kalian ingin install. Distro linux yang tersedia lumayan lengkap mulai dari ubuntu, debian, sampai kali linux. Jadi silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh saya memilih Ubuntu 18.04 LTS. Silahkan download dan install seperti biasa.

install linux

setelah selesai menginstall, buka Ubuntu 18.04 tadi. Pada saat pertama kali membuka maka linux akan meminta untuk membuat username dan password. Silahkan isi kemudian tekan enter. Dan linux sudah berhasil terinstall.

windows subsystem for linux

Terakhir untuk mengecek apakah WSL sudah benar benar versi 2, buka Windows Powershell jalankan perintah berikut ini.

wsl --list --verbose
windows subsystem for linux version

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai Cara Install Windows Subsystem For Linux (WSL) pada windows 10. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Terima kasih.

About the author

Ahmad Malik Baehaqi

Leave a Comment