Review Aplikasi

5 Software Recovery Data Terbaik Untuk Mengembalikan Data Yang Terhapus

Menghapus file secara tidak sengaja di komputer seringkali bukanlah masalah yang besar. Tetapi ceritanya akan berbeda jika file yang terhapus adalah file penting.

Jika hal ini terjadi, maka tentu kamu tidak bisa mengabaikan file tersebut begitu saja. Kamu pun pastinya akan mencoba berbagai macam cara untuk mengembalikannya.

Bisa dibilang kita cukup beruntung karena file yang terhapus biasanya masih terdapat di harddisk, atau lebih tepatnnya di Recycle Bin.

Kalau masih ada di sana, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah. Namun jika sudah terhapus dari Recycle Bin, maka  kamu memerlukan bantuan dari salah satu software recovery data di bawah ini.

Recuva

Untuk urusan mengembalikan data yang terhapus, Recuva merupakan salah satu yang terbaik. Software ini terbilang cukup mudah untuk digunakan dan dapat mengembalikan data, baik dari harddisk, harddisk eksternal, flashdisk, kartu memori ataupun CD.

Recuva bisa digunakan di hampir semua versi Windows, termasuk Windows keluaran lama seperti Windows 98 dan Windows 2000. Selain itu, Recuva juga memiliki versi portable yang nantinya bisa kamu gunakan baik di flashdisk ataupun di hardisk eksternal.

EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard hadir dengan struktur tampilan antarmuka yang mirip dengan Windows Explorer sehingga pengguna baru akan merasa familiar dan mudah beradaptasi dengan menu yang ditampilkan. Selain itu, kamu hanya perlu menekan beberapa tombol saja untuk mengembalikan data jika menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard.

Selain dapat mengembalikan data dari Harddisk, EaseUS Data Recovery Wizard juga bisa digunakan untuk mengembalikan data dari kamera, perangkat iOS dan perangkat android.

Versi gratis dari EaseUS Data Recovery Wizard bisa mengembalikan data hingga total 500 MB. Jika kamu mengklik tombol share yang terdapat di dalam program tersebut untuk membagikannya di Facebook, Twitter atau Google+, maka data yang bisa dikembalikan bertambah hingga 2 GB.

SoftPerfect File Recovery

SoftPerfect File Recovery memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu 500 KB dan dapat dijalankan di hardisk eksternal atau flashdisk. Selain itu, tampilannya juga sederhana sehingga siapapun bisa menggunakannya tanpa kesulitan.

SoftPerfect File Recovery sendiri bisa berjalan pada hampir semua versi Windows dan dapat mengembalikan data baik dari harddisk ataupun kartu memori.

Puran File Recovery

Puran File Recovery masih menjadi salah satu yang terbaik untuk urusan mengembalikan data. Tampilannya sangat sederhana dan mudah digunakan. Meski demikian, software ini juga menyediakan banyak fitur advance buat pengguna.

Puran File Recovery sendiri memiliki kemampuan yang cukup bagus sebagai software recovery data, yaitu mampu mengidentifikasi lebih banyak file dibanding sejumlah software lainnya. Jadi jika kamu tidak menemukan file yang kamu cari setelah menggunakan software recovery data lain, maka pastikan kamu mencoba software yang satu ini.

Software ini bisa dijalankan di Windows XP hingga Windows 10. JIka kamu tidak ingin menginstal software Puran File Recovery di komputermu, maka kamu juga bisa menggunakan versi portablenya.

CD Recovery Toolbox

Buat kamu yang membutuhkan software untuk mengembalikan data dari CD, DVD, HD DVD ataupun Blu-Ray, maka kamu bisa mencoba CD Recovery Toolbox. Software tersedia secara gratis dan dapat mengembalikan data dari media seperti CD hingga Blue-Ray.

CD Recovery Toolbox masih bisa digunakan bahkan pada Windows 98. Sayangnya, software ini hanya dapat mengembalikan data dari CD dan sejenisnya saja. Tidak bisa digunakan untuk mengembalikan data dari harddisk atau flashdisk.

About the author

Alvin

Leave a Comment