Hosting Info Menarik

Apa sih Fungsi RAM pada Web Hosting?

Hallo, kembali lagi bersama admin jagoankode. Disini kita akan memberikan tips lagi untuk kamu semuanya yang lagi bingung untuk memilih paket hosting yang bagus, kriterianya itu seperti apa. Disini kami akan rangkum untuk poin Apa sih fungsi RAM pada Web Hosting ?, dan berusaha menjawab beberapa pertanyaan di benak kalian yang mungkin sampai saat ini belum terjawab.

Salah satu yang penyedia layanan web hosting yang kami rekomendasikan adalah Niagahoster, dengan beli hosting di Niagahoster, kamu akan dipilihkan paket web hosting yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu tanpa perlu memahami spesifikasi yang tepat untuk server yang ingin kamu sewa.

Namun, apa salahnya jika kita harus punya pengetahuan dibidang hosting ini agar tidak salah pilih.

Di Indonesia, ada begitu banyak penyedia layanan web hosting terbaik yang bisa menjadi pilihan tepat untuk kita semua. Tetapi terkadang, umumnya kita sebagai orang awam masih belum mendalami di bidang web server, hosting dan domain. Oleh karena itu, disini kita akan berbagi pengetahuan untuk kamu yang sedang bimbang, dan berusaha untuk menemukan solusinya.

Kita mulai dari sini.

Apa itu RAM?

Didunia digital saat ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata RAM. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan RAM?. RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu perangkat keras / hardware yang terdapat didalam komputer atau laptop. RAM berfungsi sebagai wadah untuk meyimpan data yang bersifat sementara (temporary).

ram

RAM dapat bekerja hanya pada saat komputer dinyalakan. Data didalam RAM tidak bersifat permanen karena apabila komputer dimatikan maka secara otomatis data tersebut dihapus dan RAM kembali dalam keadaan kosong.

Lalu apa perbedaan RAM server dan RAM PC yang biasa kita lihat?. Jawabannya adalah sama. Perbedaan mendasar dari hal tersebut adalah hosting merupakan bagian dari komputer server yang perangkat fisiknya diletakkan di suatu tempat yang jauh dari kita. Kita hanya melakukan remote dari jarak jauh sehingga hosting yang kita gunakan merupakan perangkat virtual dan tidak memiliki bentuk fisik.

Fungsi dan Manfaat RAM

Setelah memahami apa itu RAM, selanjutnya kamu perlu mengetahui fungsi dari RAM dan bagaimana RAM pada hosting dapat mempengaruhi performa website kamu.

Fungsi utama dan yang paling penting dari RAM adalah untuk mempercepat sebuah perangkat komputer dalam memproses data. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah perangkat maka akan semakin cepat juga kinerja dari perangkat tersebut. Hal ini dikarenakan data yang dimuat kedalam RAM akan langsung diproses oleh CPU. Dengan begini, seluruh aktifitas didalam komputer seperti membuka software tertentu dalam jumlah yang banyak dapat dilakukan lebih cepat dan efektif.

Kapasitas RAM pada web hosting sangat berpengaruh pada kecepatan akses sebuah website. Jika sekiranya kamu memiliki website dengan trafik yang tinggi, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli paket hosting dengan kapasitas RAM yang sesuai untuk kebutuhan website kamu. Ini dilakukan untuk mempertahankan kenyamanan pengunjung website kamu. Tentunya kamu tidak ingin kehilangan pengunjung yang begitu berharga hanya karena akses website yang kamu miliki lambat.

Perbedaan Penggunaan RAM Pada Perusahaan Hosting

Kata RAM pasti kamu tidak asing ketika membeli sebuah paket hosting di suatu layanan web hosting di indonesia. Penggunaan RAM atau yang biasa dikenal memori ini sangat diperhatikan ketika kamu ingin menyewa layanan hosting pada suatu provider, kamu perlu mengenali kebutuhan penggunaan memori kamu sebelum membeli paket hosting terbaik dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, disini kita harus memastikan berapa total memori yang diberikan dari sebuah paket hosting tersebut, biasanya informasi ini selalu dilampirkan di seluruh paket hosting sebelum kamu membeli.

Kita tahu, bahwa memilih provider hosting yang baik, juga akan berdampak baik bagi keberlangsungan website kita. Terdapat banyak sekali layanan web hosting di indonesia, dan biasanya mereka menawarkan keseimbangan yang baik terhadap spesifikasi lain dan juga kebutuhan kamu sebagai user tentunya.

Alasannya, ketika traffic sangat tinggi. Alokasi memori yang dibutuhkan juga harus tinggi, agar tidak terjadi down. Hal ini sering terjadi karena ketidaksesuaian kebutuhan dan spesifikasi web hosting. Oleh karena itu kita wajib memahaminya!.

Pertimbangkan RAM Sebelum Membeli Hosting

Hal yang harus kita selalu waspadai adalah, selalu mempertimbangkan alokasi memori atau RAM sebelum membeli atau menyewa hosting. Pastikan kamu membeli sesuai dengan kebutuhan website kamu ingin digunakan untuk kebutuhan yang tepat. Disaat kita sudah memperhatikan seluruh aspek, baik RAM, CPU, Disk, kami yakin website kamu akan akan memiliki UPTIME yang bagus ketika diakses oleh user banyak, maupun berjangka panjang.

Sebenarnya, ada banyak aspek lain yang harus diperhatikan sebelum membeli hosting, didalam artikel ini kita sudah membahas penuh mengenai perbedaan ram server dan ram pc, fungsi dari ram, apa yang di maksud dengan ram dan berbagai pertanyaan yang relevan.

Selanjutnya nanti kita juga akan bahas mengenai parameter lain yang memenuhi kriteria apakah paket web hosting tersebut cocok untuk dijadikan pilihan kita dalam jangka waktu yang panjang.

Demikianlah untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk teman teman semuanya yang baru atau ingin merintis di dunia digital, semoga ini bisa berguna untuk kamu dan menjawab permasalahan yang kamu alami, kami pamit dan sampai jumpa kembali ya.

About the author

Ahmad Malik Baehaqi

Leave a Comment