Info Menarik

Faktor yang Menyebabkan Manusia Berbeda Pendapat

Perbedaan pendapat antara orang satu dengan orang yang lainnya dianggap menjadi suatu hal yang sangat lumrah. Terutama di negara demokrasi yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi maupun menyampaikan pendapat karena telah dilindungi oleh Undang-Undang. Akan tetapi jika dunia dipenuhi oleh pendapat atau pandangan yang sangat beragam hal ini justru menjadi penyebab ketidaknormalan yang ada.

Meskipun negara Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda namun tetap satu jua, namun masih banyak masyarakat yang menimbulkan dampak negatif akibat perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat bisa dikarenakan beberapa faktor. Sementara semua orang tentu memiliki cara berpikir yang berbeda. Dengan hal ini, Anda harus bisa memiliki kebesaran dan kecerdasan yang tinggi.

Manusia Berbeda Pendapat

Meskipun Anda dan saudara terlahir pada rahim ibu yang sama, tentu akan memiliki perbedaan pendapat. Hal ini mengingat bahwa setiap manusia memiliki cara berpikir yang sangatlah beragam dan memiliki pandangan yang tidak sama sehingga muncullah perbedaan pendapat. Selain itu, masing-masing manusia tentu memiliki sudut pandang yang berbeda terutama dalam menghadapi suatu masalah.

Walaupun perbedaan sudut pandang menimbulkan pendapat yang berbeda namun sejatinya setiap pendapat dapat digunakan untuk melengkapi supaya dapat melihat satu hal secara keseluruhan. Apabila masing-masing diri seseorang mempunyai kerendahan hati dalam memahami satu sama lain terutama dari segi perbedaan pendapat, maka tidak ada yang namanya pertengkaran atau perdebatan.

Cara Menyikap Perbedaan Pendapat Secara Bijak

Supaya perbedaan pendapat tidak terus-menerus menimbulkan dampak negatif, sebaiknya Anda harus bisa menyikapi perbedaan pendapat tersebut dengan sebaik mungkin. Meskipuin tidak semua orang bisa melakukannya, namun tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Berikut ini cara bijak dalam menyikapi perbedaan pendapat:

1. Hindari sikap keras kepala

Mempertahankan pendapatnya yang dianggap benar seringkali menjadikan diri seseorang bersikap keras kepala. Jika hal ini terjadi, tentu dapat menimbulkan hal-hal yang buruk pada diri seseorang. Terlebih lagi jika hal ini terus dibiarkan, maka dapat menimbulkan dampak negatif karena dapat berujung pada pertengkaran. Meskipun berbeda pendapat cobalah untuk menyikapinya dengan cara bijak.

2. Selalu dengarkan pendapat orang lain

Meskipun Anda menganggap bahwa pendapat yang Anda miliki benar, namun tidak ada salahnya jika Anda mendengarkan pendapat orang lain juga. Berikan kesempatan kepada orang lain untuk bisa berbicara dan menjelaskan pendapatnya. Apabila Anda tidak mendengarkan pendapat orang lain, maka bisa menimbulkan kesalahpahaman, emosi dan perasaan tidak dihargai sehingga menimbulkan perselisihan.

3. Berikan ruang untuk orang lain

Setiap diri seseorang tentu membutuhkan ruang untuk dirinya sendiri, terutama ketika dipaksa melakukan sesuatu hal yang tidak sesuai pada keyakinannya. Dengan adanya ruang inilah yang dapat menjadikan diri seseorang mampu berpikir jernih dan tenang. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka cepat atau lambat bisa menjadi pemicu adanya konflik.

4. Abaikan isu perbedaan yang tidak dibutuhkan

Saat Anda berdebat dengan orang lain karena perbedaan pendapat, cobalah untuk memikirkan apakah perdebatan harus dilakukan, sementara masih ada cara lain yang bisa dilakukan supaya perbedaan pendapat tidak berakhir tragis. Selesaikan permasalahan secara kepala dingin, supaya tidak menimbulkan dampak negatif atau konflik.

Jangan terlalu menghiraukan isu perbedaan pendapat yang memang tidak dibutuhkan. Penting bagi Anda untuk memahami pendapat orang lain juga agar orang lain juga bisa merasa lebih dihargai.

Meskipun masing-masing orang memiliki pendapat yang berbeda dan memiliki kebebasan dalam mengutarakan pendapatnya, namun harus bisa menghargai menghormati pendapat orang lain walaupun memiliki pendapat yang berbeda.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment