Info Menarik

Bahaya Turunnya Minat Membaca di Indonesia

Seketika terpikir oleh saya masa depan di indonesia untuk genereasi milenial pengganti para tetua sekarang. Bagaimana nasib masa depan indonesia ketika anak muda dan pelajar masa kini yang tidak suka membaca. Sangat memprihatikan sekali untuk mendapatkan pengetahuan luas dari buku, artikel, maupun sumber lainnya. Sangat berbahaya sekali menurut saya ketika media pembelajaran seperti buku, blog tidak dibaca oleh orang lagi. Karena orang pintar sekalipun tetap membaca buku setiap hari (Kutu Buku). Lalu di jaman sekarang yang kita lihat saat ini ketika anak anak kita sudah tidak jamannya lagi membaca. Bukannya saya mempromosikan artikel blog yang saya tulis disini agar dibaca oleh siapapun. Namun ada begitu banyak bahaya turunnya minat membaca di indonesia.

Pada kesempatan kali ini admin jagoankode ingin sekali rasanya berbagi kepada agan agan sekalian mengenai persepsi yang salah tentang “belajar dapat dimana saja, dan kaidah membaca dihilangkan“. Sungguh membahayakan keseimbangan bangsa indonesia menurut saya. Kaidah buku ditulis dengan sedemikian rupa, malah tidak suka membacanya padahal itu penting sekali. Mau itu buku favorite atau tidak, Kalau kita lihat di jaman sekarang ini sangat membahayakan ketika murid murid disekolah malah suka hobi menonton sambil belajar ketika membaca sambil belajar.

Bahaya Turunnya Minat Membaca di Indonesia

Datangnya platform youtube ke indonesia ada dampak baikknya dan adapun dampak buruknya seperti minat membaca di indonesia sangat rendah. Sebelum adanya youtube menjadi besar sekarang, Dahulu minat membaca artikel blog sangat diminati oleh semua orang. Karena semua dapat menyalurkan aspirasi lewat tulisan. Berhubung sekarang dimudahkan adanya youtube saya agak sedikit prihatin dengan hobi masyarakat indonesia yang lebih suka menonton ketimbang membaca buku atau referensi.

Baca Disini : Mana Yang Lebih Bagus Jadi Youtuber Atau Blogger

Hampir semua orang mengatakan “Lebih seru hiburan ketimbang membaca”.

Kalau saya pribadi mengatakan fenomena yang terjadi sekarang ini tidak etis sekali. Memang benar belajar bisa lewat media video dan sejenisnya. Tapi yang menjadi masalah adalah tidak semua menonton hiburan itu belajar. Rata rata orang menonton untuk kesenangan bukan untuk belajar. Ada sih yang belajar lewat youtube. Tetapi grafik dan persentasenya sedikit banget.

Jadi ini bisa menjadi sebuah kebiasaan bahwa rakyat kita tidak suka membaca alias sukanya “Main – Main Lalu Dapat Uang“. Siapapun penyebar kata kata ini adalah virus diawal marak maraknya sosial media. Semuanya pada berebut ingin menjadi artis. lalu bagaimana dengan semangat belajarnya anak indonesia, sementara yang main lebih kaya daripada yang belajar ?.

Bahaya Turunnya Minat Membaca di Negara Kita

Adapun beberapa dampak buruk jika minat membaca di indonesia turun drastis setiap harinya. Bukan hanya membahayakan diri sendiri, namun juga bisa membahayakan keselamatan bangsa kedepannya. Dari sekian banyak kata yang saya tulis disini. Semuanya berdasarkan data dan pemikiran dari saya untuk merubah mindset bahwa membaca itu sangat penting bagi diri sendiri maupun bangsa kita ini. Silahkan kalian baca ini adalah akibat dari bahaya turunnya minat membaca di indonesia.

  • Pengetahuan Yang Minim Tetapi Merasa Diri Paling Pintar.
  • Tidak Memiliki Pengetahuan yang Luas.
  • Selalu Mendapatkan Rangking Terbawah di Dunia didalam Pendidikan.
  • Tidak Tau Apa – Apa.
  • Budaya Mengejek Yang Tiada Habisnya di Negara Ini.
  • Tidak Memiliki Skill.
  • Menghabiskan Duit Orang Tua Untuk Biaya Sekolah.
  • Moral Yang Buruk.
  • Sulit Untuk Sukses.
  • Jadi Miskin.
  • Sulit Untuk Membuat Negara Maju.
  • Selamanya Akan Terus Menjadi Negara Berkembang.
  • Pengen Negara Maju Tapi Tidak Suka Membaca.
  • DLL.
Dan begitu banyak hal lainnya yang ingin saya sebutkan. Sedangkan orang yang membaca setiap hari saja belum tentu mendapat sisi baiknya apalagi yang mutlak tidak suka membaca. Pasti akan sulit untuk mendapatkan apa yang di inginkan, tetapi pengennya sukses ehe. Walaupun fenomena ini terjadi di jaman sekarang ini.
Paling tidak kalian yang membaca artikel ini masih ada toleransi untuk berkontribusi bagi negara. Dan saya apresiasi minat sobat dan agan agan sekalian. Begitu sulit sekali untuk membentuk minat membaca di indonesia ini, tidak tau kenapa. Memang belum ada dampak untuk sekarang, namun berdampak di jauh kemudian hari.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan saya mengenai Bahaya Turunnya Minat Membaca di Indonesia. Semoga minat membaca kalian semakin bertambah dengan adanya artikel dan referensi dari admin jagoankode disini. Saya hanya ingin sekali membuat negara ini memberantas kebodohan yang ada. Semoga saja bisa membantu. Sekianlah dulu artikel yang membuat hati saya tenang ketika saya menyampaikan. Semoga Bermanfaat dan Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment