Info Menarik

Apa Hubungan Matematika Dengan Informatika

Matematika sudah dikenal sebagai ilmu dasar yang melatih kemampuan logis berpikir kritis, sistematis dan analitis. Akan tetapi matematika tidak hanya sebatas sampai di situ saja, karena untuk pelajaran lain seperti bidang ilmu sosial, biologi, fisika maupun ekonomi tidak akan terlepas dari matematika. Hal inilah yang menjadikan matematika disebut sebagai jembatan ilmu teknologi dan pengetahuan.

Hal ini bisa dibuktikan dari kemajuan teknologi di luar angkasa yang sangat pesat karena adanya kemajuan bidang ilmu fisika. Namun kemajuan dari ilmu fisika itu sendiri tidak akan dapat tercapai tanpa matematika maupun perkembangan matematika. Matematika memberikan sumbangsih tersendiri pada perkembangan teknologi informatika.

Hubungan Matematika Dengan Informatika
Hubungan Matematika Dengan Informatika

Anda bisa membuktikannya dengan melihat dari berbagai jenis program maupun aplikasi yang ada di komputer tidak akan terlepas dari matematika. Apabila teknologi semakin berkembang, maka akan menunjukkan perkembangan manusia untuk menerapkan aplikasi matematika sebagai pengembang bidang lain.

Penerapan Matematika dalam Informatika di Era Globalisasi

Matematika dan Informatika mempunyai keterkaitan yang sangat erat dan hal ini dapat masuk di akal. Jika dilihat dari dunia digital yang telah dibangun pada bilangan biner. Melalui ilmu matematika inilah yang dijadikan sebagai fondasi dasar sehingga terciptanya dunia digital dan kemajuan-kemajuan Informatika yang lainnya. Berikut ini peran matematika dalam informatika di era globalisasi, yaitu:

Keterkaitan Pemrograman Dengan Matematika

Yang namanya jurusan informatika, atau Teknik informatika, kamu pasti menjumpai pelajaran pemrograman. Disanalah letak matematika begitu penting untuk dipelajari. Karena sebelum ada pembelajaran pemrograman, komputer pada awalnya juga menggunakan kaidah matematika agar bisa dijalankan. Mungkin bagi sebagian orang bertanya – tanya, kenapa harus ada pelajaran matematika sih atau yang biasa dikenal dengan pelajaran kalkulus di sekolah.

Nah, disini karena berhubung saya juga orang yang pernah menduduki bangku kuliah jurusan informatika, makanya saya kurang lebih tau banyak mengenai alasan kenapa matematika perlu diperdalam dalam jurusan tersebut. Karena selain berkaitan, kedua ini sangatlah penting untuk dipelajari.

Menyikapi pada kemajuan zaman

Sama halnya dengan ilmu yang lainnya, bahwa matematika juga dibutuhkan beradaptasi secara kritis pada perkembangan zaman. Apabila matematika tidak bisa beradaptasi, maka tidak akan menutup kemungkinan dapat menjadikan teknologi digital sebagai salah satu senjata makan tuan.

Alat untuk membantu akademisi

Teknologi digital sudah menjadi alat yang memiliki peran penting dalam membantu akademisi, terutama dalam bidang matematika untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. Sementara permodelan matematika yang dahulu dibutuhkan, saat ini bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat tanpa mengurangi tingkat pada akurasinya.

Mendorong penyederhanaan

Melalui matematika dan Informatika dapat mendorong penyederhanaan pada pemodelan matematika. Dengan demikian hal ini mampu menghasilkan solusi secara realistis. Dalam dunia pendidikan yang lebih tinggi, metode pembelajaran matematika pun juga ikut mengalami perubahan.

Perubahan tersebut dapat dilihat dari penggunaan media digital ketika pencarian data, menyampaikan materi, masalah matematika, bahkan hingga penyelesaian model. Hal ini dapat menyelesaikan pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.

Memudahkan pekerjaan matematikawan

Dengan adanya matematika dan alat berbasis digital, maka secara tidak langsung dapat mempermudahkan pekerjaan matematikawan. Cukup dengan menggunakan komputer, maka semuanya dapat diatasi dengan cepat. Bahkan hal ini matematika semakin relevan terhadap perubahan maupun perkembangan pada zaman digital.

Walaupun ketidakpastian pada setiap perhitungan jenis apapun, namun untuk tingkat akurasi tinggi yang ditawarkan teknologi digital semakin mempermudah ilmuwan untuk menghitung tingkat mikro yang lebih baik lagi.

Memberikan peluang profesi baru

Perubahan pada dunia digital bisa dilihat dampaknya pada dunia profesi, yaitu dengan kemunculan profesi sebagai media sosial dan analisis internet. Hal ini tentu memberikan peluang profesi baru bagi seseorang yang mempunyai kualifikasi pada bidang matematika.

Apabila data yang dimiliki semakin meningkat maka kebutuhan dalam pengolahan data pada segala keperluan juga semakin meningkat. Tentu hal ini menjadi potensi yang sangat baik untuk individu lulusan matematika.
Melalui kemajuan dalam bidang Teknologi dan Informatika maka mampu menimbulkan perubahan yang terjadi di seluruh lini kehidupan masyarakat. Sementara matematika menjadi fondasi kemajuan terutama dalam bidang teknologi digital dan Informatika.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment