Games

Mengenal Lebih Dalam Game AAA

Game triple-A atau AAA. Kalau kalian seorang gamer, tentunya kalian sering mendengar istilah ini. Tapi tau gak sih apa yang dimaksud dengan game AAA?

Mungkin banyak yang mengira bahwa AAA merupakan sebuah singkatan. Tetapi ternyata bukan seperti itu. Lantas apa yang dimaksud dengan game AAA?

Game AAA biasanya merupakan judul game yang dikembankan oleh studio game besar. Anggaran untuk game tersebut pun seringkali cukup fantastis. Kalau dalam film, ini seperti film blockbuster yang menghabiskan dana yang sangat besar.

Dana yang dikeluarkan untuk membuat game AAA bisa menyaingi dana untuk film Marvel terbaru. Meski demikian, pengeluaran tersebut bukanlah masalah besar karena keuntungannya membuat pengorbanan tersebut sangat layak untuk dilakukan.

Para pengembang game biasanya akan merilis game AAA untuk berbagai platform seperti Sony PlayStation, Microsoft Xbox dan PC. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan sehingga dapat menutup biaya untuk mengembangkan game tersebut.

Lalu mungkin kalian bertanya. Bagaimana dengan game eksklusif yang dirilis hanya untuk konsol tertentu? Misalnya game-game eksklusif untuk PS4?

Untuk game-game eksklusif, biasanya pembuat konsol akan membayar sejumlah dana kepada developer game untuk mengimbangi potensi dari kehilangan kuntungan yang mungkin terjadi akibat tidak dirilisnya game tersebut di platform lain.

Sejarah Dari Game AAA

Game-game komputer jaman dulu biasanya merupakan game yang sederhana dengan kualitas grafik yang seadanya. Budget produksi untuk game tersebut pun biasanya terbilang sangat murah.

Game-game komputer di era-era awal berbeda dengan game-game PC saat ini. Game tersebut dibuat untuk dimainkan oleh satu orang atau oleh beberapa orang di lokasi yang sama dengan menggunakan LAN.

Namun semuanya berubah ketika konsol-konsol gaming terus dikembangkan dan internet mulai tersedia untuk semua orang. Perubahan teknologi membuat game komputer yang sederhana menjadi lebih kompleks. Kualitas grafis ditingkatkan dan musik kelas atas dihadirkan untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih seru. Selain itu, kemampuan multiplayer juga terus ditingkatkan.

Pada akhir tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan raksasa seperti Sony dan EA memproduksi judul-judul game blockbuster yang diprediksi mampu menarik perhatian banyak orang dan mengeruk keuntungan yang sangat besar. Pada saat itu, para pengembang game mulai menggunakan istilah AAA.

Mereka tidak hanya membuat game dengan kualitas yang luar biasa, tetapi juga membangun desas desus dan atisipasi dikalangan gamer tentang game-game tersebut. Apa yang mereka lakukan berhasil dan membuat minat terhadap video game meningkat dengan pesat. Begitu pun dengan keuntungan yang mereka dapatkan.

Setelah itu selama tahun 2000-an sejumlah seri game berhasil menjadi judul-judul game AAA yang populer dikalangan gamer. Beberapa diantaranya adalah Legend of Zelda, Grand Theft Auto, Call of Duty dan Halo.

Pada waktu itu, game-game yang cukup populer biasanya menghadirkan kekerasan yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak. Hal ini menuai protes dari sejumlah kelompok yang peduli pada dampak video  game terhadap anak muda.

Apakah Game AAA Layak DIbeli dan Dimainkan?

Game dengan level AAA pada umumnya tidak hanya memiliki budget pembuatan game yang tinggi, tetapi dana yang dikeluarkan untuk pemasaran pun bisa menyamai film-film blockbuster. Para pengembang akan menghadirkan iklan game tersebut di billboard, surat kabar dan televisi.

Hal ini tentu akan membuat daya tarik dari game AAA yang mereka buat meningkat dengan drastis. Tetapi bagaimana dengan kualitasnya? Layakah dibeli dan dimainkan oleh para gamer?

Game-game AAA bisa dibilang tidak selalu memberikan nilai positif. Sejumlah judul game bahkan menjadi boomerang bagi produsen ketika mereka tidak mampu memberikan hal yang mereka janjikan.

Meski begitu, masih banyak game AAA yang sangat layak untuk dimainkan. Game-game AAA yang cukup berhasil di pasaran biasanya menawarkan pengalaman gaming yang luar biasa.

Saat ini para gamer tidak perlu bingung apakah mereka harus membeli judul-judul game yang membuat mereka tertarik atau tidak. Ada banyak gamer-gamer di Youtube yang mereview game AAA secara objektif. Jadi kamu bisa lebih mudah dalam menentukan apakah game tersebut layak dibeli atau tidak sama sekali.

About the author

Alvin

Leave a Comment