Review Aplikasi

PC Terserang Spyware? Bersihkan Dengan 5 Spyware Removal Tool Berikut

Spyware adalah salah satu jenis malware yang cukup berbahaya untuk sebagian pengguna komputer. Ini karena saat spyware masuk ke komputermu, maka malware tersebut bisa mencuri informasi dari komputer yang kamu gunakan tanpa diketahui.

Spyware bekerja di belakang layar atau menyamar sebagai perangkat lunak. Tujuannya adalah untuk mencari informasi dengan cara memantau tombol-tombol yang kamu tekan untuk mengumpulkan kata sandi atau melacak data dari penelusuran web yang kamu lakukan.

Saat komputermu mulai terasa sangat lambat dan sering muncul iklan pop-up yang cukup aneh, maka berhati-hatilah. Bisa jadi komputermu sudah terserang spyware.

Untuk mengatasinya, coba gunakan salah satu dari spyware removal tool berikut.

Malwarebytes

Kalau urusan membersihkan spyware, maka Malwarebytes adalah salah satu yang terbaik. Software ini mudah digunakan dan dapat menemukan lebih banyak program berbahaya dibanding software anti malware lainnya.

Malwarebytes akan melakukan pemindaian hingga ke registry dan file-file penting. Saat pemindaian selesai, maka data yang ditampilkan akan memudahkan kita untuk mengetahui file mana yang terserang oleh spyware.

Pengguna pun bisa menghapus atau mengkarantina spyware yang ditemukan dengan hanya satu atau dua klik tombol saja.

Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus memberikan perlindungan terhadap spyware dengan cara terus mencari ancaman baru yang mungkin menyerang komputermu. Jadi antivirus ini bisa mendeteksi ancaman spyware dan menghapusnya sebelum kamu sadar bahwa ada spyware di komputermu.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan pada Avast Free Antivirus, seperti mengaktifkan CyberCapture untuk memblokir file yang tidak dikenali, melakukan pemindaian untuk menemukan program yang tidak diinginkan dan hal lain yang akan membuat komputermu terbebas dari spyware dan program lain yang berbahaya.

SUPERAntiSpyware

Jika komputermu sudah terserang spyware, maka SUPERAntiSpyware adalah spyware removal tool pertama yang sebaiknya kamu gunakan untuk mengatasi serangan malware tersebut.

SUPERAntiSpyware akan melakukan pemindaian dengan cepat dan memberikanmu kendali penuh atas apa yang telah dipindai. Software ini bisa melakukan pemindaian hingga isi dari file ZIP dan melewati file yang berukuran lebih besar dari 4 MB. Selain itu, pemindaian juga bisa dilakukan hanya pada file EXE dan program-program yang serupa sehingga proses pemindaian akan jauh lebih cepat.

SUPERAntiSpyware memang menyediakan sejumlah pilihan untuk membuat proses pemindaian spyware semakin cepat, termasuk pilihan untuk melakukan pemindaian hanya pada file-file yang telah diubah dalam 1 hari, 2 hari atau 5 hari terakhir, mengabaikan  System Restore dan menggunakan lebih banyak CPU.

Emsisoft Emergency Kit (EEK)

Jika kamu membutuhkan program portable, maka kamu bisa menggunakan Emsisoft Emergency Kit (EEK). Spyware removal tool ini bisa dijalankan di komputer manapun tanpa perlu menginstalnya. Selain spyware, Emsisoft Emergency Kit (EEK) pun dapat mendeteksi program lain yang cukup mengganggu seperti keylogger, adware dan worm.

Dengan menggunakan Emsisoft Emergency Kit (EEK), kamu bisa membersihkan spyware yang terdapat di registry atau tempat-tempat lain yang telah terinfeksi. Bahkan software ini pun bisa melakukan pemindaian hingga pada file ZIP dan email.

Dr.Web CureIt!

Satu lagi program portable yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan spyware. Dr.Web CureIt! Tidak perlu diinstall di komputer sehingga kamu bisa menyimpannya di flashdisk atau hardisk eksternal.

Dr.Web CureIt! sendiri akan melakukan pemindaian pada windows system folder, RAM dan tempat-tempat lain.

Software ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu lebih dari 170 MB. Lebih besar dibanding software anti malware lain. Tetapi Dr.Web CureIt! cukup powerful untuk menghadapi sejumlah malware yang menggangu komputer. Ditambah lagi, software ini juga merupakan software portable.

About the author

Alvin

Leave a Comment