Facebook Sosial Media

5 Penyebab akun facebook anda dinonaktifkan

akun facebook anda dinonaktifkan ~ Facebook dijaman sekarang telah sangat populer.

Di Indonesia sendiri merupakan peringkat negara ke 4 terbanyak pengguna aktif sosial media ini. Lebih dari 2,1 miliar orang telah terhubung didalamnya .

Dan grafik terus mengalami peningkatan untuk setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan bahwa kepopuleran ini membuat satu satunya sosial media ini yang disenangi oleh masyarakat banyak.

Entah apa alasannya orang lebih memilih Facebook ketimbang sosial canggih yang lainnya.

Penyebab akun facebook anda dinonaktifkan

Secara personal mungkin para pemain Facebook sudah akrab dengan tampilan user friendly.

Layout yang disajikan semuanya lengkap dan jelas. Jika ada perubahan desain pun kita tetap masih dapat mengerti maksudnya. Pengaturan privacy pun dapat disesuaikan dengan keinginan.

Selain tampilan mungkin dari segi fungsi Facebook lebih mendominasi ketimbang yang lain. Karena lebih meerujuk kepada hubungan lokal.

Setelah berkali kali mengalami update desain dan algoritma, Facebook juga kerap mengganti peraturan.

Hal ini bertujuan agar user merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan platform sosial raksasa ini. Diperaturan yang baru kita tak lagi dapat membuat akun palsu atau nama yang disamarkan.

Semua harus transparan dan jelas.jika tidak maka akun yang sudah kita buat akan dibanned untuk selama lamanya.

Membuat akun baru memulainya dari awal lagi tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Selain yang sudah menjadi teman sebelumnya hilang.

Kita harus meng-upload photo serta mengisi data diri dengan benar. Belum lagi panel menu yang sudah berganti baru dan membingungkan jika harus mengisi semua persyaratan nya.

Menghindari malasnya create akun baru maka sudah seharusnya kita menjaga akun yang lama dengan sebaik baiknya.

Namun karena ada beberapa hal secara tidak sengaja membuat akun kita malah tersuspend dan langsung dinonaktifkan oleh tim Facebook.

Berikut pengalaman admin mengenai notifikasi yang didapatkan di Facebook setelah mendapat berita penonaktifan akun.

Singkat cerita awalnya permasalahan muncul ketika mengganti photo profile menjadi gambar anonymous.

Dan banner sampul dengan gambar orang main komputer . Serta mengubah nama asli dengan mengganti nama utama menjadi nama samaran.

Foto diatas diambil 1 hari setelah mengganti username foto profile dan sampul, dan beberapa jam kemudian mendapat notif

Akun yang dibuat sejak tahun 2018 itu memiliki setidaknya 590 teman. Pada akhirnya selang 1 hari setelah setting nama dan ganti foto, dapat notifikasi dari Facebook yang disuruh memasukan captcha dan link check poin. seperti link ini https://web.facebook.com/checkpoint/?next=https%3A%2F%2Fweb.facebook.com%2F

Setelah. Mengisi semuanya dengan benar maka akan muncul gambar message box yang menerangkan gambar yang dikirim akan ditinjau dulu oleh pihak Facebook.

Hasil tak kunjung mengalami akhir namun setelah 3 hari baru lah mendapat notifikasi bahwa akun dinonaktifkan. Tahukah anda jika kalian mendapati langkah seperti diatas . Wajib untuk berhati-hati karena mungkin saja foto yang diambil atau diupload memiliki hak cipta sehingga akan membahayakan akun kalian. Selain itu lebih baik untuk tidak mengganti username utama dengan nama nama samaran yang tidak jelas.

Untuk mengetahui kenapa akun bisa dinonaktifkan maka simak penyebab dan alasannya berikut ini :

Penyebab Akun Facebook Anda Dinonaktifkan

Sebenarnya untuk mengetahui pasti mengenai penyebab kenapa akun Facebook bisa dinonaktifkan.

Pada halaman bantuan Facebook sendiri sudah membuat peraturan tertulis mengenai persyaratan baru yang harus dipatuhi untuk setiap user dan pemain agar tidak menyalahi hal hal yang dilarang keras.

Untuk pelanggaran ini bisa kita kelompokan menjadi 2 yakni pertama murni karena kesalahan kita sendiri.

Baca : Kenapa Akun Facebook pribadi saya telah dinonaktifkan

yang kedua karena kesalahan orang lain. Kita bisa membacanya dihalaman ini.

Baca : Alasan lain Kenapa Akun Dinonaktifkan

Nah diatas merupakan persyaratan mengenai apa saja yang boleh dan apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh pemain Facebook.

Untuk mengaitkannya dengan permasalahan admin diatas dan proses ini melalui analisa yang panjang maka admin juga dapat menyimpulkan hal hal menyimpang yang tidak boleh dilakukan para user diantaranya adalah.

1. Postingan tidak sesuai dengan persyaratan dan ketentuan Facebook

Baru baru ini isu yang terjadi di Indonesia ialah akan ditutup atau diblokirnya jejaring sosial oleh kominfo.

Mungkin memang tidak ditutup secara permanen melainkan adalah tindakan teguran dengan menutup sementara. Ini merupakan hukuman atas kebocoran data yang dinilai teledor oleh menkominfo.

Karena banyaknya teguran yang beredar membuat jejaring sosial ini semakin memperketat peraturan demi membentuk individu yang bijak dalam bersosial media.

Tak Terlepas dari konten yang memiliki peranan penting terhadap peraturan yang dikeluarkan baru baru ini oleh facebook.

Postingan yang mengandung pemberitaan seperti fitnah, perbedaan budaya, aksi fanatisme terhadap agama, serta membuat keuntungan dijaringan politik.

Merupakan satu PR penting bagi tim Facebook untuk menekan tingginya angka pengaruh masyarakat yang sehari hari melihat sosial media.

Efek negatif ini akan memberi dampak yang berbahaya terutama pada sisi psikologis seseorang.

jika tidak digunakan dalam tatanan yang benar, infomasi yang didapatkan akan dimasak langsung oleh otak yang berakhir pada rantai kebencian dan kejahatan.

Awalnya facebook dibuat hanya untuk satu tujuan, mempercepat informasi dan memperluas wawasan publik.

namun belakangan ini malah terjadi penyalahan konsep memposting hal yang berbau SARA maupun pornografi, bullying serta kepentingan politik.

Jadi jangan heran jika suatu mendapatkan notif akun facebook anda dinonaktifkan. Karena saat ini pedoman layanan facebook setiap hari akan semakin ketat. sebenarnya ini juga demi menciptakan kondisi yang aman.

2. Menggunakan Username Dan Data Diri Palsu

Untuk kasus ini sebenarnya sudah saya alami langsung di akun saya, seperti contohnya pada gambar diatas.

Namun ada beberapa hal yang bisa ditangkap kenapa akun facebook anda dinonaktifkan. menggunakan nama nama palsu demi memanipulasi data diri asli yang sebenarnya dapat membahayakan orang lain.

Tindakan tipu menipu seperti pemerasan dan penipuan online kerap dilakukan 80% berdasarkan akun palsu.

Selain itu akun palsu sering sekali dijadikan ajang untuk mengadu domba.Memunculkan tindakan ujaran kebencian yang dapat merugikan orang lain.

Meski sebenarnya akun palsu ini dengan mudah dapat diketahui oleh tim cybercrime. Namun tetap saja kita harus tetap waspada terhadap akun akun palsu.

Secara garis besar akun palsu ini terkadang dibuat untuk beberapa tujuan. diantaranya adalah sebagai pembaca (silentreader) maupun digunakan untuk memantau aktivitas seseorang.

jika ditinjau dari sisi baik dan buruknya maka lebih banyak mudaratnya ketimbang sisi baiknya.

Demi keamanan dan kenyamanan inilah facebook kemudian memberlakukan aturan keras bagi siapapun yang menggunakan username dan data diri palsu.

Untuk menelan kenyataan pahit yaitu pemblokiran atau penutupan terhadap akun.

3. Mencoba Memanipulasi Diri Untuk Menjadi Orang Lain

Kasus ini sebenarnya hampir mirip dengan kasus diatas, yaitu memanipulasi akun.

Tapi bedanya tujuan ini lebih parah. Biasanya poin ini digunakan untuk menyamar sebagai orang yang sudah terkenal, seperti artis, tokoh politik ataupun pejabat pejabat penting lainnya.

Arahnya lebih spesifik. Orang orang yang menggunakan teknik ini biasanya untuk mendapatkan banyak pengikut terlebih dahulu.

Saat orang banyak sudah yakin bahwa itu akun asli dari tokoh tokoh terkenal. Lalu melancarkan tujuan dan aksi utamanya.

Ini yang kemudian dibedakan dari maksud dan tujuan oleh poin nomor 2 diatas.

Biasanya memanipulasi diri ini lebih merujuk kepada penipuan tingkat tinggi, seperti iklan promosi dan lain lain.

Karena orang lebih cenderung percaya, apalagi pengikut yang ditipu itu merupakan fans fanatik.

Untuk terjerumus ke hal hal negatif sangat mudah. Demi memberantas kejahatan ini facebook pun selektif dalam memberikan peraturan

4. Melakukan Perilaku Menyimpang Dan Melanggar Pedoman Ketentuan Facebook.

Mungkin kalian akan bertanya tanya, apa bisa melakukan kegiatan yang menyimpang di facebook.

Jika kalian ingin tahu bentuk pelanggaran sosial media sangat banyak sekali. Dari bully, politik, penipuan online, penipuan yang mengatasnamakan pihak pihak tertentu.

Tindakan asusila, kekerasan pencemaran nama baik. ancaman dan masih banyak lagi yang lainnya. semua yang kita sebutkan dapat dimasukan ke kategori perilaku yang melanggar ketentuan facebook.

Seperti yang sudah disampaikan pada poin 1 ini semua dapat mempengaruhi orang lain secara tidak langsung khususnya dari segi psikologi dan mental.

Tekanan yang dihasilkan dari efek negative sosial media memberikan dampak yang cukup berbahaya bagi seseorang.

Bayangkan jika yang menjadi korban mengakhiri hidupnya hanya karna permasalahan sepele ini.

Dan tentunya pelaku juga akan menerima hadiah yang setimpal yaitu pidana bahkan kurungan penjara. Yang malah sama sama membuat hancur keduanya.

karena itu sekali lagi berlomba lombalah untuk menciptakan hal positif dan berusahalah untuk memerangi hal negatif.

Sebenarnya permasalahan Akun facebook anda dinonaktifkan ini timbul, bukan karena kesalahan dunia teknologi melainkan, datang dari individu masing masing.

Jika tidak ditameng dengan akhlak dan pengetahuan yang luas, maka bisa bisa kita terjerumus kedalam hal hal yang tidak diinginkan.

5. Mencoba Menghubungi Siapapun Untuk Melakukan Tindak Pelanggaran

DM(direct Message) merupakan platform yang diciptakan khusus untuk pesan private 2 arah antara pengirim dan penerima.

Akun facebook anda dinonaktifkan mungkin karena salah satu dari 5 poin aturan facebook ini.

Mengirim DM ataupun mengirim sesuatu yang menimbulkan ketidak nyamanan orang lain akan berdampak akun bisa terbaned tanpa sebab.

Ini yang kemudian membuat kita bingung dan meraba-raba apa kesalahan yang sudah dibuat.

Selain DM mengirim kata kata yang tidak enak seperti berkata kasar ke grup atau komunitas.

Bisa menimbulkan feedback report ratusan orang yang membuat akun berakhir suspend dan diblokir.

Kejadian ini sudah banyak sekali namun mungkin beberapa dari kita belum mengetahuinya. Cara Mengatasi Akun Facebook Yang Tidak Bisa Dibuka (Gagal Login)

Mungkin itu saja penjelasan poin mengenai 5 penyebab akun facebook anda dinonaktifkan.

Bagi teman teman yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi akun facebook anda dinonaktifkan ini.

Simak solusinya berikut ini Cara Mengembalikan Akun Facebook Yang Dinonaktifkan

About the author

Nurdiansyah Uin

Seorang Pengangguran Yang Hanya Ingin Berbagi Banyak Informasi.

1 Comment

  • Padahal Facebook Baru Saya Di Buat Tahun 2018 Dinonaktifkan Oleh Pihak Facebook Berapa Kali Akun Saya Belum Diaktifkan Saya Menggunakan Email Tertunda Tetapi Saya Tidak Menggunakan Email Saya Menggunakan Nomor Telepon 081266213895 Bisa Aktifkan Facebook Saya Ini Yg Bernama Petak Lontong Petak Lontong Ini Segera Aktifkan Facebook Saya Ini Tgl 7 Mai 2019 Ini
    Sekian Terima Kasih

Leave a Comment