Info Menarik

Aplikasi Edit Foto Gratis Terbaik Untuk Android, iOS dan Windows di 2020

Kalau ngomongin aplikasi pengedit foto terbaik, maka Adobe Photoshop jelas berada di urutan nomor satu. Tetapi di sisi lain, Photoshop juga memiliki harga yang lumayan mahal untuk sebagian pengguna dan bukan aplikasi yang cukup mudah untuk dikuasai tanpa latihan yang serius.

Oleh sebab itulah, kami menghadirkan sejumlah aplikasi berikut sebagai alternatif Photoshop untuk kamu yang ingin aplikasi edit foto yang lebih murah dan lebih mudah untuk dikuasai.

Aplikasi pengedit foto yang kami tampilkan merupakan aplikasi gratis. Jadi kamu tidak perlu pusing mikirin biaya untuk membeli lisensi atau pusing cari crack-nya.

Selain itu, kami juga menampilkan aplikasi untuk berbagai sistem operasi, baik untuk Android, iOS, MacOS, maupun Windows.

GIMP

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal sebagai GIMP adalah aplikasi yang tepat buat kamu yang ingin mencari alternatif untuk Photoshop. Aplikasi open-source ini sering kali disebut sebagai pilihan alternatif gratis terbaik untuk aplikasi edit foto buatan Adobe tersebut.

GIMP memiliki banyak sekali alat pengeditan foto tingkat professional sehingga sangat cocok untuk kamu yang sangat membutuhkkan aplikasi pengedit foto seperti Photoshop tapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli aplikasi premium.

Secara keseluruhan, aplikasi ini terasa seperti versi gratis dari Photoshop. Meski demikian, tampilan aplikasi ini agak sedikit berbeda. Jadi, jika kamu sebelumnya pernah menggunakan Photoshop, maka mungkin kamu akan memerlukan sedikit waktu untuk menguasainya.

GIMP sendiri saat ini tersedia untuk Windows, MacOS dan Linux.

Paint.NET

Paint.NET adalah aplikasi pengedit foto yang awalnya merupakan proyek desain dari sarjana senior perguruan tinggi yang dibimbing oleh Microsoft. Hingga hari ini, aplikasi tersebut terus dikelola dan dikembangkan oleh para alumninya.

Sama seperti GIMP, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur penting yang dapat memudahkanmu dalam mengedit dan menghias foto.

Sebagian besar fitur pada Paint.NET pun merupakan fitur yang sangat canggih yang biasa kita temukan pada Photoshop dan aplikasi berbayar lain.

Paint.NET sendiri saat ini hanya tersedia untuk Windows. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis. Namun di Windows Store, Paint.NET dijual dengan harga Rp 92.000.

Jika kamu ingin membantu pengembangan aplikasi tersebut, maka kamu bisa membeli versi berbayarnya yang terdapat di Windows Store.

Photoshop Express

Buat kamu yang ingin tetap menggunakan Photoshop tanpa membayar biaya lisensi, maka kamu bisa coba Photoshop Express.

Tentu saja, kamu tidak bisa mengharapkan kualitas maksimal yang sama dengan versi berbayar dari Photoshop. Selain itu, dukungan untuk jenis file tidak seluas Photoshop berbayar. Aplikasi ini hanya mendukung file-file seperti PNG, JPG dan beberapa file lainnya. Meski demikian, Photoshop Express masih tetap memiliki fitur yang cukup berguna untuk mengedit foto.

Photoshop Expres sendiri tersedia secara gatis untuk Android, iOS dan Windows.

Pixlr X

Terakhir ada Pixlr X. Sama seperti 3 aplikasi di atas, Pixlr dapat digunakan secara gratis. Tetapi terdapat iklan didalamnya sehingga mungkin agak sedikit mengganggu. Iklan tersebut dapat dihilangkan dengan mengupgradenya ke versi premium. Selain menghilangkan iklan, versi premium juga dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap.

Pixlr X sendiri merupakan aplikasi yang sederhana sehingga cocok untuk para pemula atau yang membutuhkan aplikasi untuk mengedit foto secara cepat.

Saat ini, aplikasi Pixlr X hanya tersedia untuk Android dan iOS saja. Sementara untuk pengguna Windows atau MacOS bisa menggunakan versi web-nya di website resmi Pixlr.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment