Info Menarik Internet

Apa Itu Internet ? Pengertian Internet dan Fungsinya

Pasti hampir seluruh manusia di bumi ini mengenal yang namanya internet. Kalau kamu dalami lebih dalam, apa makna dari internet sendiri, kamu akan menemukan sisi yang mungkin saja selama ini belum kamu lihat. Seperti contoh, dari pengertian internet dari beberapa ahli pakar di bidang teknologi. Apa itu Internet, dan bagaimana saja contoh contoh beserta fungsinya. Disini saya akan membahasnya dengan lengkap. Silahkan di simak dan dipahami dengan baik ya.

Saat ini hampir semua orang tak bisa hidup tanpa internet. Mulai dari komunikasi hingga kegiatan sehari-hari sudah mengandalkan koneksi internet. Teknologi inipun semakin dekat dengan manusia berkat diciptakannya smartphone. Tapi apa sebenarnya pengertian internet? Mungkin masih banyak orang yang belum tahu apa sebenarnya pengertian serta fungsi internet yang sebenarnya.

Dengan internet, kita bisa menghubungkan ke seluruh dunia dengan mudah. Internet juga dapat digunakan sebagai pusat sumber informasi terbesar di seluruh dunia. Seperti halnya kamu melakukan aktivitas keseharian seperti browsing, sosial media, dan lain lain. Pasti semuanya menggunakan internet.

Apa Itu Internet
Apa Itu Internet

Beberapa waktu yang lalu, saya juga sempat membagikan sebuah informasi yang menarik, masih seputar dunia internet. Silahkan dibaca untuk artikel sebelumnya.

Baca disini : Apa yang Dimaksud dengan Browser, Pengertian Dan Contoh.

Nah, apa itu internet. Silahkan dibaca referensi dibawah ini.

Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan komunikasi global/dunia yang menghubungkan milyaran jaringan komputer secara terbuka menggunakan sistem standard global. Sistem ini disebut dengan transmission control protocol (TCP) atau internet protocol suite (IP).

Beberapa kalangan juga menganggap pengerian internet berasal dari kata international network yang menghubungkan semua tipe dan jenis komputer di seluruh dunia dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telefon, satelit, dan lain sebagainya.

Internet juga merupakan singkatan dari Interconnecting Networking yang menghubungkan semua komputer di seluruh dunia dengan identitas unik berupa IP atau Internet Protocol Address. Alamat IP ini bagaikan alamat rumah dalam dunia nyata dan terdiri dari kombinasi angka yang merupakan kode identitas komputer pada jaringan internet.

Selain pengertian di atas, ada juga pengertian internet dari beberapa ahli seperti:

1. Sarwono

Internet adalah sebuah kumpulan jaringan yang punya skala global, dimana tidak seorang pun bisa bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

2. Sibero

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer secara global dan bisa juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu jaringan yang sangat luas.

3. Ned Snell

Internet adalah sebuah koridor bagi bermacam-macam sumberdaya yang ada padanya dan setiap sumberdaya tersebut bisa diakses melalui perangkat yang berbeda-beda.

4. Onno W. Purbo

Internet adalah sebuah media yang digunakan untuk efisiensi sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan beberapa aplikasi seperti web, email, VoIP, dan lain-lain.

Fungsi Internet

Selain membaca pengertian internet yang penuh makna. Internet saat ini juga mempunyai fungsi yang sangat krusial bagi masyarakat. Beberapa fungsi penting internet antara lain adalah:

1. Media Komunikasi

Salah satu fungsi utama internet adalah media komunikasi, seperti pengertian internet yang telah disebutkan di atas. Fungsi sebagai media komunikasi manusia di berbagai belahan dunia ini bisa dilakukan melalui email, media sosial, aplikasi chatting, website, dan lain sebagainya.

Sebagai alat komunikasi, internet punya keunggulan dibandingkan media lainnya seperti surat dan telefon karena:

  • Bisa mengirimkan dan bertukar informasi dengan cepat dan bahkan real time (saat itu juga) dengan orang lain yang jaraknya jauh sekalipun.
  • Bisa mengirimkan informasi yang lebih kompleks seperti foto dan video yang tidak bisa dikirimkan melalui surat atau telefon.

2. Akses Informasi

Banyak sekali informasi mulai dari yang ringan hingga mendetail bisa ditemukan di internet. Bahkan informasi ini bisa ditemukan dengan mudah berkat search engine seperti Google. Jika dulu orang membaca buku, majalah, atau koran untuk menemukan informasi, maka perannya kini sudah tergantikan oleh internet.

3. Alat Pertukaran Data

Internet bisa menjadi media untuk saling bertukar dan mengirim sumber data kepada orang lain di seluruh dunia. Beberapa jenis sumber data yang bisa dibagikan melalui internet adalah makalah, jurnal, materi pelajaran, tulisan, foto, video, dan lain sebagainya.

4. Alat Akses Berita

Internet juga berfungsi sebagai media penyebaran berita. Saat ini berbagai peristiwa yang ada di dunia bisa dengan mudahnya diketahui oleh orang di belahan dunia lainnya hanya melalui internet. Berbagai media online telah ada di internet dan bisa dibaca oleh penggunanya kapanpun dan dimanapun. Fungsi ini bahkan sudah mulai menggeser keberadaan koran, TV, dan juga majalah.

Internet merupakan teknologi modern yang terus berkembang pesat hingga saat ini. Fungsi internet yang semakin memudahkan kehidupan manusia membuatnya begitu lekat dengan kegiatan sehari-hari. Bahkan saat ini hampir semua kegiatan mulai beralih menggunakan teknologi internet.

Kesimpulan

Dan itulah tadi ulasan seputar internet. Ternyata, internet tidak hanya sebatas kata “Internet”. Namun, internet memiliki makna yang lebih dalam jika kalian amati lebih dalam. Sekarang, kamu sudah mengetahui mengenai seluk beluk dari internet. Mulai dari apa itu internet, pengertian internet, beserta contoh dan fungsi dari internet itu sendiri.

Mungkin hanya itu hal yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat. Dan silahkan di share jika bermanfaaat. Saya pamit, Sampai jumpa Kembali di Lain hari.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment