TipsTrick

8 Cara Mengatasi Tidur yang Berlebihan

Sobat Jagoan. Pernahkah anda melihat orang yang tidurnya itu banyak sekali dalam waktu sehari ? Mungkin ini banyak menimbulkan tanda tanya apakah tidur yang berlebihan ini merupakan sebuah gejala penyakit tertentu. Ada beberapa hal yang patut anda waspadai. Mungkin saja diantaranya memang ada sebuah penyakit. Namun beberapa riset menyatakan bahwa tidur juga bisa dilakukan karena adanya kebiasaan. Termasuk kelebihan jam dalam satu hari.

Baca Juga : 8 Cara Melatih Diri Agar Tidak Malas

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pasti membutuhkan tidur. Karena tanpa tidur Anda tidak akan memiliki tenaga untuk beraktifitas seharian. Apalagi jika Anda tidak biasa begadang kemudian tiba-tiba begadang sementara besok pagi Anda harus bekerja, pastinya Anda akan badmood dan uring-uringan keesokan harinya.

Namun, ternyata ada juga yang mengalami tidur berlebihan atau biasa disebut sebagai hipersomnia. Hipersomnia ini juga memiliki banyak dampak negatif seperti bangun kesiangan dan akhirnya telat bekerja atau sekolah, dsb. Tetapi, Anda tak perlu khawatir karena artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi hipersomnia agar Anda tidak telat bekerja lagi.

Tips Mengatasi Tidur Berlebihan

Cara-Mengatasi-Tidur-yang-Berlebihan

Tidur yang berlebihan memang tidak baik. Selain dapat mengganggu aktiftas dan waktu dalam kehidupan sehari hari. Tidur yang berlebihan ini juga membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Untuk itu semua ini dapat anda latih dengan point dibawah ini yang bisa anda terapkan tentunya.

1 Jangan ketergantungan alarm

Sering kali kita melihat untuk bisa bangun dengan waktu tertentu menggunakan alarm. Namun tahukah anda membiasakan diri dengan alarm juga tidak baik. Biasakanlah tubuh Anda untuk bangun pagi tanpa alarm. Anda bisa melakukannya dengan cara tidur lebih awal sehingga Anda juga bisa bangun lebih awal. Jika Anda bisa melakukannya secara teratur, lambat laun hipersomnia Anda bisa teratasi.

2 Hindari alarm dengan fitur snooze

Jika Anda masih belum bisa bangun tidur lebih awal tanpa alarm, Anda bisa menggunakan alarm yang tidak ada fitur snooze karena jika fitur snooze ini disalahgunakan maka hanya akan membuat Anda semakin malas bangun. Anda bisa memilih alarm jadul yang belum memiliki fitur snooze ini. Fitur snooze ini memungkinkan kita untuk menunda dan mematikan alarm walhasil tidur pun masih bisa nyenyak

3 Jauhkan letak alarm dari jangkauan Anda

Jika Anda meletakkan jam alarm di dekat tempat tidur, maka intensitas Anda untuk melakukan snooze atau mematikan alarm ini akan semakin besar. Maka dari itu, sebaiknya letakkan alarm di tempat yang agak jauh atau jika kemungkinan masih terdengar walaupun dari kamar lain, maka letakkan alarm di sana agar Anda bisa bangun untuk mematikannya. Karena sekali saja tubuh terbangun maka bisa dengan mudah anda tidak akan mengulangi aktifitas tidur kembali.

4 Gunakan aplikasi alarm

Di era modern ini, Anda juga bisa menggunakan aplikasi alarm yang banyak beredar di Playstore atau Appstore. Banyak dari aplikasi ini yang bisa membuat Anda langsung bangun ketika mendengar deringnya, setelah bangun Anda juga harus menyelesaikan puzzlenya yang bisa merangsang otak Anda agar lebih fokus sehingga Anda benar-benar bisa bangun. Ini juga merupakan metode terbaru yang bisa anda coba untuk mengatasi tidur anda yang super.

5 Dekorasi kamar Anda mejadi lebih nyaman

Terkadang kamar juga satu satunya hal yang bisa membuat kenyamanan tidur menjadi terganggu. Buat kamar Anda menjadi lebih nyaman untuk tidur dengan memberikan suasana yang tenang, gelap dan hening. Dua jam sebelum tidur Anda juga harus menjauhkan diri dari perlengkapan elektronik seperti ponsel, laptop, dan sebagainya agar kualitas tidur Anda lebih baik.

6 Olahraga

Biasakanlah tubuh untuk selalu berolahraga. Ketika Anda merasa cepat mengantuk, maka olahraga adalah salah satu solusinya. Dengan olahraga maka suplai ke otak akan bertambah dan Anda bisa meningkatkan suplai tersebut dengan melakukan olahraga seperti skipping, jogging dan berenang.

7 Banyak konsumsi vitamin, mineral dan protein

Penelitian mengungkapkan bahwa hipersomnia juga disebabkan karena Anda kekurangan vitamin dan protein. Nah, Anda bisa menambah protein dengan mengkonsumsi ikan salmon atau telur. Dan untuk vitamin serta mineralnya Anda bisa mendapatkannya dari sitrus atau lemon. Kurangi juga konsumsi gorengan dan minuman beralkohol.

8 Banyak minum air putih

Sudah bukan rahasia lagi jika air putih memang mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, jika Anda sering minum air putih racun-racun yang ada di dalam tubuh akan keluar sehingga Anda tak mudah mengantuk, Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk sebagai tambahan vitamin.

Dengan menerapkan kelima tips di atas, semoga masalah hipersomnia Anda bisa segera teratasi. Jaga kualitas tidur Anda agar bisa beraktifitas dengan lancar esok harinya.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment