Windows

Cara Mengembalikan File Hilang di PC & Laptop

Apakah kalian pernah mengalami file seperti foto, video, dukumen dan file lain hilang atau tidak sengaja kalian hapus? Jika kalian mengalami hal tersebut jangan panik, kalian masih bisa mengembalikan file tersebut dengan menggunakan bantuan beberapa software di komputer.

Jika kalian memiliki banyak file tentu kalian akan menghapus bebera file yang sudah tidak terpakai untuk mengurangi kapasitas penyimpanan smartphone, tentu dalam hal ini kalian harus teliti dalam memilih file yang akan dihilangkan jangan sampai file penting atau yang masih terpakai di hapus. Tetapi bila sudah terlajur terhapus kalian jangan langsung panik, pasalnya file tersebut masih bisa dikembalikan.

Sebelum kalian membaca langkah demi langkah cara memulihkanya, ada baiknya kalian relaksasi terlebih dahulu agar dapat memahami tutorial mengembalikan file yang hilang dengan mudah.

Cara mengembalikan file yang hilang dengan PC & Laptop

cara mengembalikan file-Terhapus-Permanen-di-PC

Mengembalikan yang hilang bisa di lakukan di Ponsel maupun Komputer. Namun kali ini kami tidak akan membahas cara mengembalikan file yang hilang menggunkan aplikasi ponsel, melainkan cara mengembalikan file yang hilang di komputer. Berikut ini adalah cara mengembalikan file dengan beberapa software yang bis kalian gunakan.

Recuva

Recuva Recovery PC & Laptop

Recuva merupakan software yang diciptakan untuk megembalikan file yang dihapus atau hilang dengan tingkat keberhasilan mengembalikan yang cukup tinggi. Jika kalian ingin mengembalikan file dengan aplikasi ini, kalian perlu menyiapkan PC atau Laptop untuk menginstal Recuva dan juga kalian perlu menyiapkan kabel data untuk menghubungkan ke smartphone yang ingin dikembalikan file yang hilang.

Software Recuva bisa kalian unduh secara gratis, namun dalam versi gratis memilki fitur yang sangat terbatas. Jika kalian memiliki dana lebih kami sarankan untuk menggunakan Recuva versi Pro, dalam versi Pro memiliki fitur yang komplit dan lengkap yang tidak dimiliki di versi gratis. Tidak hanya itu Software Recuva bahkan bisa mengembalikan file dari sebuah disk yang rusak.

Cara menggunakan dan mengembalikan file yang hilang dengan Recuva

  • Tahap pertama, silahkan unduh Software Recuva di laman ini https://www.ccleaner.com/recuva.
  • Bila sudah diunduh. Langsung kalian instal, untuk cara penginstalan sama seperti menginstal software lain.
  • Kemudian siapkan dan hubungkan smartphone atau flashdisk yang ingin dikembalikan file yang hilang sampai terdeteksi di PC & Laptop.
  • Pada tahap ke empat, kalian buka software Recuva.
  • Kemudian pilih file dalam folder yang ingin dikembalikan atau kalian bisa memilih All File untuk mengembalikan semua file.
  • Setelah memilih file yang akan dikembalikan, kemudian kalian pilih lokasi penyimpanan.
  • Jangan lupa ceklis/centang Enable Deep Scan jika ingin memindai file lebih jauh.
  • Kemudian klik start untuk memulai dan tunggu sampai selesai.
  • Selanjutnya, saat file yang hilang sudah ditemukan kalian centang file tersebut serta klik kanan dan pilih Recover Checked.
  • Pada tahap terakhir. Kalian pilih lokasi penyimpanan, kemuadian klik Ok.
  • Proses mengembalikan file yang terhapus atau hilang sudah selesai. Selamat kalian berhasil mengembalikan file dengan Software Recuva.

Dr.Fone

Dr Fone PC & Laptop

Dr.Fone merupakan software untuk mengembalikan data selanjutnya. Software ini sendiri merupakan software untuk memudahkan kalian dalam melakukan recovery data pada ponsel maupaun disk lainnya.

Software Dr.Fone merupakan salah satu software pemulihan terbaik di dunia. Dr.Fone sendiri mengklaim bahawa Dr.Fone memiliki tingkat keberhasilan pemulihan data yang sangat tinggi. Tidak hanya itu Software Dr.Fone juga sangat kompetibel dengan berbagai merk smartphone.

Dr.Fone memiliki 3 Mode pemulihan, diantaranya.

  • Mampu memulihkan data dari smartphone yang sudah rusak.
  • Dapat memulihkan berbagai macam file dari penyimpanan internal smartphone.
  • Mode pemulihan terakhir, dapat memulihkan file dari micro SD Smartphone.

Cara menggunakan dan memulihkan file dengan Dr.Fone

  • Pertama-tama kalian unduh terlebih dahulu software Dr.Fone melalui laman https://www.wondershare.com/android-data-recovery.html
  • Selanjutnya instal Software Dr.Fone di PC atau Laptop kalian.
  • Kemudian hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel data. Maka akan secara otomatis Dr.Fone melakakukan identifikasi.
  • Setelah terhubung, akan muncul beragam file yang hilang atau yang akan dikembalikan.
  • Kemudian perangkat akan melakukan proses pengembalian. Pada tahan ini jika peragkat restart jangan panik, itu merupakan proses pengembalian.
  • Saat sudah selesai. Tahap selanjutnya akan melalui proses scan, pada proses ini memerlukan waktu tergantung besar dan kecilnya file yang dipindai.
  • Setelah semua tahapan diatas selesai, kalian dapat menampilkan file yang hilang. Silahkan kalian pilih file mana yang akan dikembalikan, kemudian klik Restore.

Selesai. Itulah cara mengembalikan file menggunakan Dr.Fone, bagaimana mudah bukan. Software Dr.Fone tidak hanya bisa kalian gunakan dikomputer, namun pengguna Android dan iOS juga dapat menggunakannya. Kalian bisa mengunduhnya di Google Play dan Apps Store.

Akhir Kata

Itulah Cara Mengembalikan File Hilang di PC & Laptop yang bisa kalian gunakan untuk memulihkan berbagai jenis file seperti dokumen, foto, video dan file lainnya. Semoga dengan tutorial yang kami bahas diatas dapat membantu kalian untuk memulihkan file yang hilang atau terhapus.
Bila kalian memiliki cara lain untuk memulihkan data dengan mudah, kalian bisa bagikan di kolom komentar di bawah. Informasi yang kalian bagikan akan sangat berguna bagi para pembaca.

About the author

Ichijou

Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi.

Leave a Comment