Windows

Langkah Jitu mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus/Hilang

Cara mengembalikan data File Flashdisk Yang Terhapus atau Hilang secara permanen ~ Banyak faktor yang menyebabkan File di dalam flashdisk kita tiba-tiba hilang secara tak sadar atau tiba-tiba hilang. Mau itu faktor sengaja di hapus ataupun tidak sengaja. Salah satu faktor yang sangat menjengkelkan apabila flashdisk tersebut terkena virus yang menyebabkan file menjadi Terhapus atau Hilang secara permanen. Banyk sekali pertanyaan yang muncul apa bisa sih  data file flashdisk yang sudah terhapus bisa dikembalikan Atau bagaimana sih Cara mengembalikan data File Flashdisk Yang telah hilang Terhapus virus yang menyebabkan file Hilang secara permanen bisa dikembalikan seperti semula.

Ada banyak hal yang menyebabkan file di flashdisk kamu hilang atau terhapus, mulai dari terhapus tanpa sengaja, atau sengaja  hilang karena disebabkan oleh virus yang ganas, atau penyebab lain seperti flashdisk terjatuh,atau  tercabut di saat proses pengcopian data read / write.

Nah Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan Tutorial lengkap tentang cara mengembalikan data File Flashdisk Yang Terhapus atau mengembalikan data flashdisk yang sudah Hilang secara permanen.

Solusi terbaik untuk cara mengatasi file yang sudah hilang secara permanen adalah dengan cara merecovery file yang sudah terhapus tersebut, namun admin akan membahasnya satu persatu kita mulai dulu dengan cara mengecek file nya  terlebih dahulu.

Oke ikuti langkah langkah berikut ini :

Cek File flashdisk yang sudah terhapus

melalui cara berikut ini adalah cara awal untuk mengecek dan mendeteksi apakah file di flashdisk anda yang sudah terhapus atau hilang disebabkan oleh virus atau bukan :

  • Tekan tombol Windows pada keyboard lalu tekan huruf E (Windows + E).Tekan dengan bersamaan.
  • Lalu Pilih dan klik drive tempat flashdisk jika setelah di klik tidak ada file alias putih semua, kembali lagi ke drive tempat flashdisk Kemudian klik kanan lalu pilih properties.
  • Lihat pada tab properties jika used spaces nya tidak nol (0) berarti file didalam flashdisk hilang oleh virus.

Oke jika hilang oleh virus yang anda harus lakukan dengan membuka hidden folder simak caranya berikut ini :

  • Tekan tombol Windows pada keyboard lalu tekan huruf E (Windows + E).
  • Klik tab Organize yang ada di pojok kiri atas kemudian pilih Folder and Search Options.
  • Klik tab View >> lalu cari dan klik Hidden files and folders >> kemudian pilih Show Hidden Files, Folders and Drives
  • Klik Apply lalu Ok.
  • Lihat isi flasdisk, SD card apakah data atau file yang disimpan sudah muncul atau belum, Jika belum kita akan menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang
Cara mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus/Hilang

  • Oke dengan begitu file yang terhidden didalam system yang telah disembunyikan oleh virus akan ditampilkan
Kembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk tadi dengan Command Prompt (CMD)

Oke setelah folder didalam system yang dihidden atau disembunyikan sudah ditampilkan melalui cara diatas maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan membuka CMD atau command prompt Windows

Tekan tombol Windows pada keyboard lalu tekan huruf R (Windows + R).Tekan dengan bersamaan
Oke maka akan muncul box seperti ini :

Cara mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus/Hilang
  • Kemudian ketikan CMD didalam box Run tersebut lalu OK
  • Muncul tampilan C:windowssystem32cmd.exe 
  • Ketik CD.. – Kemudian enter
  • Ketikkan alamat drive flashdisk anda berada, misal di G, maka ketik G: , hasilnya C:Users>G:  Tekan enter
  • Ketik ATTRIB *.* -R -S -H /S /D atau ATTRIB *.* -S -H -R /S /D kemudian tekan enter,maka hasilnya sebagai berikut :

Cara mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus/Hilang
  • File dan folders anda yang tersembunyi atau hilang sudah muncul kembali
  • Oke selamat file atau data anda yang tersembunyi oleh virus sudah tampil kembali.

Keterangan ATTRIB *.* -R -S -H /S /D

attrib = adalah perintah dalam bahasa dos untuk memberikan attribut pada suatu file atau folder.
-r = tanda minus (-) maksudnya membaca file yang ada di dalam system, jadi maksud dari tanda -R adalah membaca seluruh file system
-s  = tanda minus (-) maksudnya menghapus dan huruf S artinya file system, jadi maksud dari tanda -s adalah menghapus attribut protected operating system.
-h = hampir sama seperti fungsi diatas, tanda -h berfungsi untuk menghapus attribut hidden atau mengubah file yang pada mulanya tersembunyi menjadi terlihat kembali.
*.* = Tanda bintang (*) atrinya semua, sehingga yang dimaksud dari perintah ini adalah semua file atau folder yang memiliki semua ekstensi.
/s = Artinya memproses semua file pada folder yang sama dengan lokasi file.bat dan juga semua subfolder yang ada didalamnya.
/d = memerintahkan untuk memproses folder juga, maksudnya jika kita tidak menuliskan perintah ini maka hanya akan memproses semua file tanpa memproses folder

OKE cara diatas merupakan cara mengembalikan file flashdisk yang disembunyikan oleh virus yang menyebabkan file anda hilang seketika./sementara

Nah bagaimana jika file tersebut memang hilang secara permanen ?? Apakah datanya masih bisa dikembalikan ??

Jawabannya masih bisa dengan cara merecovery file system di laptop atau komputer anda , cara ini berhasil apabila anda merecovery dari file laptop yang sama.

Jika anda masih kurang paham saya jelaskan sebagai berikut :

Cara mengembalikan File Flashdisk Yang Terhapus Hilang secara permanen 

Siapa yang tidak kesal jika kita ingin menghapus beberapa file didalam flashdisk walhasil yang terjadi malah file yang tidak diinginkan oleh kita, yang malah terhapus dalam beberapa kasus hal ini sangat sering terjadi, terlebih lagi file yang terhapus itu adalah file yang berisi data data penting.

Nah terkadang dalam mendelete sebuah file seseorang menekan Tombol CTRL + SHift + Delete namun sangat jarang sekali bila hanya menekan tombol Delete.

Yang terjadi saat menghapus dengan menekan Tombol CTRL + SHift + Delete maka system secara otomatis tidak lagi menyimpan kedalam folder recycle bin akibatnya file tidak bisa direstore secara pemikiran sederhananya file sudah hilang dari cache folder yang ditampilkan, namun jangan takut sebenarnya file itu masih tersimpan didalam laptop yang telah menghapus file tadi.

Nah cara ini hanya berlaku jika penghapusan file dari laptop yang anda pakai, dan tidak berlaku pada laptop yang berbeda.

Nah untuk mengatasi masalah yang satu ini hanya bisa dengan menggunakan software khusus yang bernama RECUVA nah untuk file yang satu ini anda bisa Download Disini >>

Cara pakai ikuti langkah berikut ini :

  • Download lalu install filenya 
  • Kemudian tancapkan flashdisk anda buka aplikasi Recuva, setelah itu lakukan scan file yang terhadap flashdisk kamu tersebut.
  • Di awal proses kamu akan disuguhi dengan wizard, kamu bisa pilih tipe file yang ingin kamu cari — apakah itu foto, dokumen, musik, video, file terkompresi (.zip, .rar) dalam hal ini juga bisa memilih untuk menampilkan semua file
  • Dalam hal ini pilih All agar recuva menyecan seluruh bentuk file Lalu klik Next
  • Pada kotak File location, pastikan kamu pilih In a spesific location > Browse > dan pilih lokasi drive USB flashdisk anda.
  • Setelah itu klik Next dan tunggu sampai recuva selesai mencari data data file flashdisk anda yang hilang.

Nah Demikian lah Tutorial mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk secara manual dan menggunakan software dan mengembalikan folder yang terhapus permanen.

Sekian dan Terima kasih Semoga membantu 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment