Tutorial Aplikasi

Cara Menggunakan Fitur Collections Di Microsoft Edge

Browser Microsoft Edge baru yang berbasis Chromium memiliki banyak kesamaan dengan Google Chrome. Meski demikian, ada satu fitur yang tidak dimiliki oleh Google Chrome, yaitu Collections.

Fitur Collections sendiri sebenarnya mirip dengan fitur Favorites Folder atau fitur Bookmark. Fungsinya pun sesuai namanya, Collections (atau yang berarti koleksi dalam bahasa Indonesia) mengijinkanmu untuk mengumpulkan link-link halaman web yang nantinya bisa kamu buka kembali jika diperlukan.

Selain itu, berbeda dengan fitur bookmark pada browser lain, fitur baru dari Microsoft Edge tersebut juga bisa menyimpan teks dan gambar.

Lalu perbedaan lain antara menu Bookmark dan Collections adalah fitur Collections bisa menampilkan gambar dan text dari halaman web yang kamu simpan. Hal ini bisa membantumu mengingat apa yang telah kamu masukan ke menu Collections tanpa perlu membuka link menuju halaman website.

Cara Membuat Collections

Collections berfungsi seperti folder yang dapat diisi dengan koleksi link halaman web, gambar dan teks. Kamu pun bisa membuat lebih dari satu Collections untuk mengelompokan link-link yang kamu kumpulkan.

Untuk membuat Collections sendiri cukup mudah. Pertama, kamu bisa mengklik icon Collections yang ada di kanan atas Microsoft Edge.

Selanjutnya, menu Collections akan terbuka di sebelah kanan browser. Langsung saja klik Start new collection untuk membuat Collections baru.

Beri nama Collection yang akan kamu buat.

Selesai.

Cara Menyimpan Halaman Web

Ada beberapa cara untuk menyimpan halaman web ke Collections. Salah satunya adalah dengan mengunjungi halaman web yang akan kamu simpan. Buka Colection yang telah dibuat, lalu klik Add current page link di menu Collection. Maka halaman web tersebut akan tersimpan secara otomatis.

Kamu juga bisa menyimpan gambar, teks dan hyperlink yang terdapat di halaman web. Untuk link dan gambar, klik kanan pada hiperlink atau gambar tersebut. Lalu arahkan mouse ke Add to Collections dan pilih Collection yang kamu buat sebelumnnya.

Sementara untuk teks sendiri, blok teks yang akan disimpan. Lalu klik kanan dan pilih Add to Collections. Setelah itu, klik Collection yang telah dibuat.

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan menarik gambar yang telah diklik atau teks yang telah diblok ke menu Collections.

Membuat Catatan

Fitur Collections juga mengijinkanmu untuk membuat catatan. Untuk melakukan hal ini, klik icon Add note yang terdapat di sebelah kanan Add current page. Nantinya, kolom untuk membuat catatan akan langsung muncul di bawah. Tulis catatanmu di sana dan klik tanda centang untuk menyimpan catatan.

Cara Mengatur Collection

Kamu bisa mengatur posisi dari halaman web, gambar dan teks yang kamu simpan dengan cara meng klik kiri pada teks, halaman web atau gambar tersebut dan menggesernya ke posisi yang kamu inginkan.

Kamu pun bisa mengedit judul halaman web yang telah disimpan dengan cara klik kanan pada halaman web tersebut dan pilih edit. Lalu ganti judul halaman web dan klik Save.

Mengganti Judul Collections

Jika kamu ingin mengganti judul salah satu Collections, klik Collections yang ingin kamu ganti judulnya.

Lalu, klik judul Collections tersebut. Ganti judulnya dan tekan Enter.

Menghapus Collections

Untuk menghapus Collections, klik kolom yang terdapat di kanan judul Collections yang ingin kamu hapus.

Lalu dibagian atas nanti ada icon kotak sampah. Klik icon tersebut untuk menghapus Collections yang telah dipilih.

Mengekspor Link Ke Word dan Excel

Link menuju halaman web yang telah disimpan di Collections dapat diekspor ke Micrososft Word atau Micrososft Excel.

Jika kamu tertarik untuk melakukan hal ini, buka saja salah satu Collections-mu.

Setelah itu, klik symbol tiga titik di kanan. Nanti ada pilihan untuk menyimpan link ke Microsoft Word atau Microsoft Excel. Tapi untuk mengkespor kumpulan link tersebut, kamu perlu masuk dulu ke Microsoft Edge.

About the author

Alvin

Leave a Comment