Info Menarik

4 Kelebihan PC Dibanding Konsol Game

Ada perbedaan besar antara konsol dan PC gaming. Perbedaan ini akan kamu rasakan saat berpindah dari konsol ke PC. Buat kamu yang sudah lama memainkan game-game konsol seperti Playstation atau Xbox dan berencana untuk pindah ke PC, maka inilah sejumlah perbedaan yang akan kamu rasakan.

Pilihan Game Controller Yang Lebih Banyak

Setiap konsol menggunakan joystick untuk memainkan game. Pada PC, game controllernya terbilang lebih beragam. Umumnya game-game PC dapat dimainkan dengan menggunakan mouse dan keyboard. Tetapi kamu juga bisa menggantinya dengan joystick atau game controller lain.

Mouse dan keyboard sangat berguna dalam memainkan game-game PC classic, terutama yang bergaya real time strategy. Mouse dan keyboard juga sangat nyaman digunakan saat memainkan game FPS atau MOBA.

Tombol pada mouse dan keyboard lebih banyak dibanding joystik, membuat kamu dapat melakukan banyak aksi berbeda dengan menekan tombol yang berbeda. Meski demikian, untuk urusan game-game dengan genre racing atau platformers, maka akan lebih mudah menggunakan joystick dibanding mouse dan keyboard.

Upgrade

Pada konsol gaming, jika kamu ingin memainkan game di hardware yang lebih powerful, maka tidak ada pilihan lain selain membeli konsol generasi terbaru. Hal  ini berbeda pada PC gaming.

Untuk meningkatkan performa dari PC yang kamu miliki, kamu bisa mengganti satu atau beberapa bagian yang diperlukan. Jadi, gak perlu beli PC baru untuk memainkan game-game terbaru. Ini memberikanmu banyak keuntungan. DI satu sisi, kamu dapat mengeluarkan lebih sedikit uang untuk memainkan game baru. Sementara di sisi lain,  PC yang sudah diupgrade masih dapat memainkan game-game lama.

Peningkatan Kualitas Grafis

Kualitas grafis yang dihadirkan pada PC terbilang lebih baik dibanding pada konsol. Jadi jika kamu memainkan game tertentu di konsol, lalu kamu memainkannya kembali di PC, maka kamu akan menyadari bahwa game tersebut memiliki tampilan yang lebih baik saat dimainkan di PC.

Selain itu, kamu juga dapat memilih seberapa baik tampilan visual dari game yang akan kamu mainkan. Umumnya ada tiga pilihan yang tersedia, yaitu Low, Medium dan HIgh.Selain itu, kamu juga bisa memilih  efek dan detail seperti apa yang ingin ditampilkan.

Tentu saja, semakin baik tampilan visual yang kamu inginkan, maka semakin tinggi spesifikasi PC yang diperlukan. Jika kamu memiliki PC yang cukup powerful dan monitor yang bagus, maka kamu bisa mendapatkan pengalaman yang maksimal. Tetapi jika komputermu tidak memadai, maka kamu akan mendapatkan penurunan performa yang akan berakibat pada timbulnya lag dan sejumlah masalah lain.

Beli Game Lebih Mudah Dan Lebih Murah

Jika kamu memiliki Playstation 4, maka pilihan untuk beli game akan terbatas pada membeli di toko game atau membeli versi digitalnya di PlayStation Store. Begitu pun buat kamu yang memiliki Nintendo Switch, game-game versi digitalnya hanya dapat dibeli di Nintendo eShop.

Sementara untuk PC, pilihannya lebih beragam. Salah satu toko online yang paling umum adalah Valve’s Steam yang menawarkan ribuan judul game. Steam sendiri selain menjual game, juga memiliki fitur-fitur menarik yang membuat pengalaman bermain game menjadi lebih menyenangkan, seperti update otomatis untuk game yang kamu beli dan fitur sosial yang mengijinkamu untuk berinteraksi dengan pemain lain. Untuk urusan harga pun, steam juga seringkali memberikan diskon besar-besaran.

Meski demikian, untuk memainkan game-game tertentu, kamu juga perlu menginstal aplikasi buatan developer game. Misalnya jika kamu ingin memainkan game-game Blizzard’s seperti Diablo dan Overwatch, maka kamu perlu menginstal Blizzard’s Battle.net.

About the author

Alvin

Leave a Comment