Info Menarik

Mengenal Google Drive Dan Kunggulannya

Akhir-akhir ini saya sering membahas mengenai beberapa aplikasi dari Google, seperti Google Sheets dan Google Slides. Saya pun pernah membahas beberapa tips mengenai Google Drive melalui tulisan saya.

Nah, melalui artikel ini, saya juga akan kembali membahas Google Drive. Tetapi bukan untuk tips dan trik atau tutorialnya. Tetapi untuk mengenal lebih dalam mengenai layanan dari Google ini.

Jadi mari kita bahas lebih dalam mengenai Google Drive.

Apa Itu Google Drive?

Google Drive merupalan layanan cloud storage gratis dari Google. Layanan ini memungkinkanmu untuk menyimpan file secara online dan mengakses file tersebut dimana pun dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet.

Selain berfungsi untuk menyimpan dan mengakses file yang kamu simpan, Google Drive juga satu paket dengan layaan lain seperti Google Slides, Google Docs dan Google Sheets.

Keuntungan Menggunakan Google Drive

Saat ini, Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan awan atau cloud storage yang paling populer. Jika kamu belum pernah menggunakan layanan seperti ini, maka kamu bisa mencoba menggunakan Google Drive.

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menggunakan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive. Kamu bisa menjaga file tetap aman karena disimpan di server penyedia layanan, kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan menggunakan perangkat apapun selama terhubung ke internet.

Sementara untuk Google Drive sendiri, selain keuntungan yang saya sebut di atas, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain, seperti :

  • Semua file yang disimpan di Google Drive dapat diakses dengan akun Google yang sama, yang kamu gunakan untuk berkirim email atau membuat akun social media.
  • Kamu bisa menggunakan layanan lain dari Google, seperti Google Slides dan Google Drives.

Mengupload File Ke Google Drive

Sama seperti cloud storage lain, Google Drive memiliki fungsi utama, yaitu untuk menyimpan file secara online. Tersedia ruang penyimpanan 15 GB yang bisa digunakan secara gratis setelah kamu membuat akun Google. Jika kapasitas tersebut kurang besar, kamu juga bisa meningkatkan kapasitas ruang penyimpanannya.

Namun, kamu harus mengupgrade Google Drive dan membayar biaya bulanan.

Untuk menyimpan file ke Google Drive sendiri, kamu perlu mengupload file tersebut.

Caranya, klik tombol Baru di kanan atas dan pilih upload file. Jika kamu ingin mengupload satu folder, maka pilih Upload Folder.

Tunggu hingga proses upload selesai. Jika sudah, maka file pun akan tersimpan secara otomatis di Google Drive.

Menggunakan Aplikasi Google

Seperti yang sudah dibahas di atas, salah satu keuntungan menggunakan Google Drive adalah kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain dari Google dan menyimpan file yang kamu buat dan edit pada aplikasi-aplikasi tersebut di Google Drive.

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan bersama Google Drive adalah :

Google Docs

Fungsinya mirip dengan Microsoft Word, yaitu untuk membuat dokumen, surat dan file berbasis teks lainnya.

Google Sheets

Fungsinya sama dengan Excel, untuk membuat spreadsheet yang berisi berbagai informasi penting.

Google Slides

Fungsinya sama dengan Microsoft PowerPoint, yaitu untuk membuat slide.

Mengakses Aplikasi Google Dari Google Drive

Sejumlah aplikasi Google yang telah disebutkan di atas bisa langsung diakses dari Google Drive. Caranya, cukup klik icon Baru di kanan atas.

Beberapa pilihan akan muncul, seperti Google Document, Google Spreadsheet dan Google Slide. Silahkan pilih aplikasi yang ingin kamu buka.

Selain itu, jika kamu ingin mengakses aplikasi lain, pilih Lainnya untuk menampilkan lebih banyak aplikasi.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment