Seo

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly

Kerap kali para blogger memposting artikel dengan benar dan sesuai aturan, tetapi sedikit sekali yang mengetahui tentang langkah dalam penulisan artikel yang sangat SEO friendly.

Dengan adanya algoritma query Google yang terus diperbarui, artikel blog dan web yang mempunyai nilai dan kualitasnya tinggi menjadi harapan yang sirna bagi para penulis artikel tersebut, pasalnya yang hebat SEO lah yang akhirnya artikelnya akan dibaca oleh banyak orang. namun blog atau website yang memiliki artikel yang berkualitas kerap menjadi yang terbelakang akibatnya artikel yang berada digoogle mempunyai standard ilmu yan biasa saja, nah menyikapi hal yang demikian, google telah mempersiapkan segala macam hal , mempertimbangkan hal tersebut google mulai mengambil langkah bahwa artikel merupakan raja, semakin banyak artikel yang ditulis dengan kaya makna maka akan tampil sebagai yang pertama untuk menduduki halaman SERP google disini bukanlah

Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly
Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly 

Trik mengenai langkah menulis postingan artikel yang SEO friendly diblog dan internet lainnya , tidak semerta merta dapat diikuti kemudian ada beberapa yang ketinggalan jaman juga terhadap berkembangnya algoritma query search engine sekarang, yaitu mbah guugle.

Nah berikut akan saya kemas tulisan artikel tentang Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly, oke langsung saja anda simak penuturannya berikut ini :

1. Request Artikel

Oke sobat saya menjelaskan satu persatu dimulai dari Request artikel, Menulis Artikel yang SEO Friendly sangat menghubungkan sekali terhadap respon visitor yang berada pada blog kita.

Pernahkah didalam blog anda ada pengunjung yang menanyakan tentang sesuatu yang sering ia cari namun hal tersebut tidak terdapat didalam salah satu blog anda , namun hal itu dipercayakan kepada anda untuk mencarinya??

Pernah jika anda pernah mengalamaminya tentu saja inilah yang disebut sebagai request artikel. dan pada poin inilah artikel SEO friendly dapat terwujud.

Berikut penjelasannya:

Jika banyak sekali orang yang mencari artikel tentang Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly, kemudian anda menulis lalu mempublishnya di dalam blog anda, secara otomatis visitor atau pengunjung blog anda langsung secara tidak sabar ingin membaca postingan dari artikel tersebut. semakin banyak jumlah pembaca semakin banyak pula jumlah klik yang terjadi pada link tersebut maka secara otomatis artikel akan masuk sebagai peringkat pertama.

Dengan cara inilah google melihat kualitas nilai suatu blog, dari banyaknya jumlah klik yang terjadi pada postingan tersebut. nah jika ada beberapa diantara sobat yang belum paham cara google menilai kualitas artikel, dari jumlah klik visitor, namun ingat google dapat membedakan visitor murni atau visitor yang sebagian besar datang dari proxy atau trik curang visitor lainnya.

2. Pakailah Keyword pada Judul Artikel anda

Oke sobat didalam persaingan SERP google. Judul didalam sebuah artikel merupakan hal yang sangat penting sekali dilakukan oleh para blogger dalam memposting sebuah artikel. Pasalnya judul merupakan inti dari tema yang nantinya akan ditampilkan pada query SERP google bersama dengan berkas dokumen para blogger lainnya.

Oke sobat untuk membuat judul yang pada artikel anda usahakan bidik sebuah keyword dengan pas misalnya keyword anda tentang

Cara menulis artikel yang SEO friendly

buatlah seakan akan ia terlihat seperti judul namun sebenarnya itu adalah keyword yang ditembak agar artikel muncul pertama saat diketikan kata kunci dari salah satu artikel tersebut.

Namun perlu diingat sobat, kata kunci yang sobat tembakan usahakan jangan terlalu berlebihan bila perlu untuk judul buatlah agak sedikit menarik namun tidak menghilangkan kaidah kata kunci yang terdapat didalamnya.

3. Pakailah Judul yang akan menarik pembaca
Seperti yang telah dijelaskan diatas. kita perlu juga membuat judul postingan artikel kita menarik pembaca. hal tersebut dilakukan agar siapapun yang melihat judul artikel kita akan tertarik mengkliknya walaupun sebenarnya isinya boleh terbilang sangat abal abal, namun paling tidak judul yang diberikan memberi peluang artikel untuk dibaca.

4. Buatlah Artikel Panjang Kaya kata kunci dan makna yang luas

saya kira semua akan sepakat bahwa artikel merupakan satu satunya raja didalam sebuah blog. Menurut sebagian orang artikel bukanlah pengaruh blog atau website dapat mempengaruhi sebuah peringkat SERP, benar ini memang kenyataanya namun sekali lagi peringkat SERP bukanlah jaminan bahwa blog tersebut memiliki nilai dan kualitas, pada akhirnya peeringkat SERP pun akan akan kalah dengan blog yang memang punya nilai dan kualitas yang tinggi terhadap kontennya.

Blog yang memiliki nilai dan kualitas yang tinggi sangat sulit turun dari peringkat SERP hal ini diakrenakan pengunjung yang betah untuk berlama lama di blog tersebut, hal ini akan semakin menimbulkan ketertarikan mesin pencari untuk tetap mempertahankan posisinya di SERP. blog yang memiliki artikel yang panjang dan berkualitas, biasanya sangat lama menduduki peringkat SERP namun ketika sudah menduduki peringkat SERP maka akan sulit sekali mengalahkannya.

Maka dari itulah semua master blog dan web sepakat bahwa content is king content merupakan raja dari segala-galanya.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa buatlah blog yang sebenarnya bukan hebat dari segi SEO nya, tapi buatah blog yang memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat tinggi.

Namun hal ini juga perlu diperhatikan, dalam membuat artikel yang panjang buatlah artikel yang kaya akan makna maksud saya adalah buatlah artikel yang memang memiliki kosa kata yang banyak, banyak akan kata kata dan makna bukan kata yang diulang ulang.

Lalu usahakanlah untuk menyusun artikelnya secara terstruktur rapi dan mudah dipahami untuk mengenakan para pembaca yang mengunjungi blog anda.

5. Buat Internal Linking

Internal linking didalam sebuah postingan sangat diperlukan internal link merupakan link yang merujuk antar halaman didalam sebuah blog/web

Untuk jumlah internal linking pada blogspot dengan standard referansi artikel yang cukup terbilang sedikit maka sebaiknya anda menaruh internal linking 1 atau 2 saja, ini menghindari tidak bagusnya pengaruh internal linking yang berlebihan pada web artikel. beda konteksnya jika web yang berbentuk seperti artikel library ia lebih membutuhkan banyak internal linking sebagai penunjsng referensi webnya.

internal linking sendiri memberi banyak dampak dan pengaruh yang besar terhadap kontent yang sejenis, dari sinilah datang robot crawl mengcrawl dengan cepat postingan anda, namun sangat disarankan untuk membuatnya secara normal dan tidak berlebihan.

6. External Linking

External linking sangat diperlukan sekali dalam memanage sebuah artikel eksternal linking berfungsi memberikan link keluar dengan tujuan mengurangi tingkat boun rate blog yang tinggi. maka diperlukanlah eksternal linking tersebut.

Tahukah anda google sangat tidak menyukai web atau blog yang memiliki tingkat bounce rate yang sangat tinggi .

Lalu bounce rate itu sendiri apa ?? bounce rate merupakan presentase kunjungan visitor dalam mengunjungi post atau artikel anda, jika visitor yang mengunjungi blog anda sebentar dan langsung meninggalkan halaman blog anda, maka bersiaplah untuk bounce rate blog yang sangat tinggi, blog yang bounce ratenya sangat tinggi sangat susah sekali menaiki posisis SERP, apalagi bersaing pada peringkat SERP

Nah saya rasa dari point diatas sudah cukup mewakili tema kali ini tentang Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly.saya rasa cukup sekian dulu jika ada pertanyaan silahkan ajukan dikolom komentar. Sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment