Windows

Solusi Mengatasi “NTLDR is missing” pada Windows XP

Solusi Cara Mengatasi dan Memperbaiki “NTLDR is missing” press ctrl+alt+del to restart pada komputer di Windows XP ~Lengkap dengan gambar. Penyebab permasalahan umum yang terjadi pada windows XP salah satunya adalah BOOT MGR atau boot loop file NTLDR yang berada didalam komponen windows hilang. salah satu cara dalam mengatasi dan memperbaiki hal semacam itu adalah dengan mengganti komponen windows yang hilang tersebut.
Penyebab umum dari “NTLDR is missing” didalangi oleh banyak faktor salah satunya adalah virus. Virus yang menyebar pada seluruh system windows yang pada akhirnya menghapus salah satu komponen windows yang menyebabkan komputer tidak mau booting. 
Windows XP kerap kali memunculkan permasalahan “NTLDR is missing” karna windows XP sendiri sangat rentan terhadap salah satu file yang hilang. Karnanya admin sangat menganjurkan sekali sobat yang mengalami permasalahan berikut ini  untuk menginstallnya menjadi windows 7. 
Namun bagaimana jika pada saat “NTLDR is missing” muncul di windows XP bisa langsung diinstall windows 7 tanpa mengupgradenya terlebih dahulu ??
Jawabannya bisa dan malah caranya sangat mudah. namun bagaimana jika saya masih ingin menggunakan windows XP ? atau saya tidak ingin satupun file di windows saya hilang ? 
Nah jawaban ini akan kita bahas satu persatu solusinya oke sobat mari kita simak langkah langkahnya berikut ini :
Cara Mengatasi “NTLDR is missing” Windows XP Dengan Kaset CD : 
Oke sobat cara mengatasinya dengan cara pertama anda hanya perlu merepair windows anda saja. Oke langsung saja simak caranya berikut ini :
– Masukan CD installer windows XP
– Tekan ctrl+alt+del untuk merestart lalu tekan F2 untuk masuk kepengaturan BIOS.
– Pilih Tab boot lihat jika CD room terletak dibawah maka letakan posisinya diatas agar windows membooting perintah CD room
– Setelah itu save dan changes.
– biarkan loading windows sampai pada layar awal Welcome to Setup Windows Xp 
– Maka akan muncul 3 pilihan perintah seperti ini 
Keterangan :
Enter = Install Ulang Windows XP
R = Repair atau Memperbaiki Windows XP nya apabila terjadi error atau lain sebagainya.
F3 = keluar dari proses installasi
– Oke sekarang sobat pilih repair dengan menekan tombol R maka akan tampil halaman repair seperti command prompt (console)
– Setelah itu tekan 1 (tekan 1 adalah untuk meneruskan langkah repair Disk C yang ada di windows) 
– Masukkan password administrator komputer jika ada lalu enter
– Biarkan loading. sampai bios masuk dalam tahap login maka selanjutnya anda mengcopy file NTLDR dan NTDETECT.COM di windows
– Oke ingat drive CD room anda tadi berada di file manakah dia ? jika E maka ketiklah >E: atau menekan tombol E: maka akan terbuka file direktory E setelah itu ketik dir untuk melihat file folder direktori NTLDR dan NTDETECT.COM pada kaset windows.
– Nah dalam hal ini File NTLDR dan NTDETECT.COM berada pada folder i386 diatas .
– Maka ketik Copy NTLDR C: lalu tekan enter, ketik lagi Copy NTDETECT.COM C: lalu enter ketik lagi FIXBOOT lalu  enter, lalu enter sekali lagi.
– Oke setelah itu restart komputer anda lalu masuk lagi kemenu booting bios seperti diatas lalu pada tab boot pilih hardisk dan letakan paling atas.
– Dengan begitu windows anda berhasil direpair dan windows anda pun sudah kembali seperti semula.
Solusi Cara Mengatasi “NTLDR is missing” Dengan menginstall ulang windows 7 :
Nah sobat diatas telah dijelaskan tentang bagaimana merepair nya dengan OS yang sama.
lalu bagaimana jika anda ingin langsung menginstall ulangnya degan Windows 7??
Apakah windows xp harus diupgrade dulu jawabannya tidak ? 
caranya sama dengan menginstall ulang windows 7 pada umumnya. Langsung saja masukan kaset windows 7 dan install seperti anda menginstall windows 7 pada umumnya.
Oke sobat demikian Solusi Cara Mengatasi dan Memperbaiki “NTLDR is missing” pada komputer di Windows XP 

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment