TipsTrick

20 Tata Cara Etika Jenguk Orang Sakit

Tata cara tips etika menjenguk orang atau teman yang sedang sakit. Adab atau peraturan cara jenguk orang sakit. Ada banyak hal di dunia ini yang mungkin kita anggap sepele. Tapi sebenarnya penting untuk diperhatikan salah satunya ketika menjenguk orang sakit. Jika tidak tahu caranya yang baik kita malah bisa membawa masalah. Lalu bagaimanakah aturan aturan serta etika dan tatacara dalam menjenguk orang sakit ? Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

Anda pasti pernah menjenguk orang sakit. Kegiatan ini kelihatannya memang sederhana atau sepele. Pulangnya pun sudah ngomong ya itu datang berbasa-basi sebentar, memberi bunga atau buah Lalu pulang. Sebenarnya menjenguk orang sakit punya etikanya sendiri. Gunanya agar kita bisa tahu waktu sehingga tidak mengganggu si sakit atau keluarganya. Tahu apa yang harus dilakukan, apa yang musti dibawa, tembakan Apa yang mesti dikatakan.

Tata Cara Etika Jenguk Orang Sakit

Tata Cara Etika Jenguk Orang Sakit

Berikut adalah tips-tips selengkapnya :

1. Bersikap sopan termasuk dalam hal pakaian.

Meskipun yang sakit adalah saudara sendiri dan ia dirawat di rumah. Kita harus mengenakan pakaian sepantasnya. Kita sama saja sedang bertamu. Bisa saja disana kita bertemu orang yang tidak kita kenal. Beri mereka waktu untuk berbicara atau berbuat sesuatu terlebih dahulu. Apalagi jika orang-orang ini lebih dekat dengan si pasien daripada dengan kita.

2. Jangan berlama-lama ketika menjenguk orang sakit.

Pikirkan baik-baik berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu kunjungan. Waktu yang salah atau kurang tepat justru dapat membuat si pasien atau yang sedang sakit merasa terganggu

3. Jangan menakut-nakuti pasien dengan menceritakan kisah-kisah orang orang lain yang berpenyakit sama. 

Sebaiknya kita juga harus membangkitkan semangat nya.

4. Jangan menunjukkan rasa kasihan yang berlebihan.

Meski penyakit orang yang kita kunjungi kronis atau bisa dibilang sangat parah sekali. Jangan terlalu mengasihani. Karna tidak semua orang senang dikasihani.

5. Apabila tidak terpaksa, hindari membawa anak kecil saat menjenguk.

Selain kurang baik bagi kesehatan sang buah hati atau anak kita. Membawa anak juga akan membuat keadaan ditempat pasien menjadi runyam , karena anak kecil cenderung rewel dan mudah menangis. Sehingga hal ini dapat mengganggu kenyamanan si pasien.

6. Lakukan kunjungan secara berkala

Lakukanlah kunjungan secara berkala tetapi jangan setiap hari. Seminggu dua kali sudah maksimal. Kita bisa mengunjungi setiap hari Jika hubungan kita dengannya amat akrab atau erat.

7. Jika sifat yang sudah terlihat jenuh sebaiknya akhiri kunjungan

Pintar-pintarlah membaca situasi dan bahasa tubuh seseorang. Semua yang ada disekitar kita bisa saja memberikan kode. Namun ada beberapa orang yang jarang peka terhadap situasi ini.

8 . Meski kita “orang kesayangan” pasien 

Dan ia tidak keberatan kita berlama lama berada dikamar. Tetaplah batasi diri. Mungkin masih ada orang lain yang menunggu membesuk. Berikan mereka kesempatan juga untuk menjenguk nya.

9. Jangan memaksa masuk ke kamar ketika yang sedang sakit tidur.

Itu adalah saat dimana orang yang sedang sakit tersebut beristirahat. Karna istirahat orang yg sedang sakit merupakan proses untuk pemulihan kondisi tubuhnya untuk itu jangan pernah mengganggunya dalam kondisi seperti ini.

10. Saat menjenguk sebisa mungkin bersikaplah tenang.

Apalagi jika di ruangan tersebut ada orang lain yang juga dirawat. Menceritakan kisah-kisah lucu yang bisa membuat bagian tertawa boleh-boleh saja, namun ingat janganlah terlalu berlebihan karena itu bisa malam mengganggu orang lain. Berceritalah tentang cara menghilangkan supaya ia tersenyum.

11. Sebutkan nama dengan jelas.

Ini diperlukan apabila mengunjungi orang yang sudah lanjut usia atau yang daya ingatnya sudah menurun. Setiap kali berbicara kita bisa mengganti kata aku atau saya dengan nama kita.

12. Cari tahu terlebih dahulu Penyakit apa yang diderita pasien.

Dengan demikian kita tidak salam bawakan oleh-oleh makanan yang malah bisa membuat sakitnya semakin parah. Ada baiknya anda menelaah terlebih dahulu Apa sebenarnya penyakit yang diderita oleh pasien.

13. Duduklah dekat-dekat dengan si sakit.

Cara ini akan membuatnya tidak perlu Berbicara keras keras. Ataupun mengeluarkan energi yang sangat banyak untuk berkomunikasi dengan Anda.

14. Hiburlah orang yang dikunjungi.

Tanyakan keadaannya saat itu apa yang dirasakannya. Tentramkan hati dengan pertanyaan pernyataan yang menunjukkan bahwa kita peduli.

15. Usaplah lah tangan pasien.

Sentuhan-sentuhan dipercaya dapat memberikan ketenangan bagi yang sakit jadi janganlah sungkan untuk mengelus tangan pasien.

16. Cari tahu suasana hati sipasien terlebih dahulu

Biasanya orang sakit akan mengalami suatu perubahan sikap. Perubahan sikap menentukan suasana saat itu. Mungkin ia menjadi lebih sensitif, mudah marah , acuh tak acuh, atau bisa lebih sopan dari biasanya . Dengan mengetahui perubahannya , kita jadi terhindar dari berbagai macam hal yang menyinggung perasaan si pasien .

17. Tanamkan hatinya untuk selalu pasrah kepada Tuhan juga.

Namun jangan sampai ia berpikir bahwa pasrah sama dengan menyerah. Berdoa dan berusaha adalah kata yang tepat untuk menggambarkan pasrah yang kita maksud.. hanya dengan cara itulah semua penyakit akan sembuh.

18. Jangan memaksa pasien bercerita jika ia tidak mau.

Kadang timbul rasa penasaran dalam diri kita . Mengenai kondisi sakit si pasien yang sebenarnya. Dan itu yang akan membuat kita banyak mengajukan pertanyaan. Yang bisa menganggunya. Hormati keinginannya. Untuk tidak berbicara banyak. Lagipula , bisa jadi sudah begitu banyak orang yang menanyakan hal serupa. Tentu sangat melelahkan dan membosankan baginya jika mengulang cerita yang sama.

19. Berikan bantuan jika dibutuhkan.

Misalnya mengambilkan handuk dikamar mandi. , Memanggil perawat , membawakan tas berisi perlengkapan pasien. Atau menuangkan minum untuk pasien tersebut.

20. Jika tidak bisa menjenguk , tunjukan lah bahwa kita tetap peduli padanya.

Jika kita tidak bisa menjenguk sipasien karena beberapa hal . Tunjukan kepadanya kepedulian kita. Dengan cara menelponnya . Tanyakan kabar dan bagaimana keadaannya . Tapi sama seperti menjenguk , tentukan waktu yang tepat bagi anda untuk menelponnya

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

4 Comments

Leave a Comment