Android Tutorial

Cara Membersihkan File Sampah di HP Xiaomi

Halo sobat, jumpa kembali bersama admin jagoankode. Disini saya akan berbagi sedikit ilmu mengenai tips khusus yang ada di perangkat Xiaomi semua jenis tipe hp. Mungkin bagi kamu semua yang belum pernah mengetahui trik ini, padahal fitur ini sudah ada di bawaan semua handphone xiaomi. Termasuk saya sendiri adalah pengguna xiaomi dari dulu sampai sekarang tetap masih menggunakan smartphone ini, karena beberapa alasan seperti jenis hp yang tidak rewel. Berikut adalah cara membersihkan file sampah di hp xiaomi terlengkap versi jagoan.

Yang namanya file sampah adalah hal yang seharusnya kita hapus setiap hari. Karena file sampah disini tidak ada fungsinya, melainkan hanya akan membuat smartphone anda menjadi berat dan seperti ngelag. Biasanya file sampah ini berasal dari penginstallan aplikasi, cache yang tersimpan, penghapusan / uninstall aplikasi yang tidak bersih. Sehingga semuanya dimasukkan menjadi satu yang namanya file sampah.

Jika kamu pengguna xiaomi apapun jenis tipe yang kamu gunakan. Mau redmi note, redmi atau mix sekalipun. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah di bagian setelan hp. Xiaomi sendiri sudah memiliki fitur yang namanya cleaner khusus untuk membersihkan semua file sampah di perangkat kamu dalam sekali klik. Jadi tidak membutuhkan lagi aplikasi pihak ketiga dan menambah nambah penyimpanan kamu untuk menginstall nya.

Disini saya akan memandu sobat sekalian yang menggunakan hp xiaomi. Jadi pastikan ikuti langkah langkahnya dengan baik dan benar.

Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Xiaomi

Disini saya menggunakan MIUI versi 10, kalau kalian menggunakan versi miui dibawah saya atau bahkan diatas saya. Kurang lebih caranya pasti akan sama, mungkin hanya berbeda sedikit pada tampilan. Nah, untuk sobat yang memiliki versi yang sama seperti saya, silahkan di ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Cara ini bisa dilakukan 2 cara, yang pertama lewat setelan handphone xiaomi. Dan yang kedua dapat dilakukan pada menu Security. Cara yang akan saya praktekkan kali ini adalah dengan menggunakan setelan (setting) bawaan xiaomi.

  • Silahkan cari menu Setelan atau Setting di menu hp xiaomi anda.
  • Kemudian cari di bagian Sistem & Perangkat. Lihat bagian menu Penyimpanan disana dan silahkan di pilih.
Setelan Xiaomi
Setelan Xiaomi
  • Scroll Kebawah, kalian akan melihat menu Pembersih.
  • Pilih menu pembersih tersebut, seperti gambar dibawah ini.
Penyimpanan File Xiaomi
Penyimpanan File Xiaomi
  • Biasanya, smartphone xiaomi kalian akan langsung otomatis scan semua file file yang tidak terpakai, alias file sampah.
  • Biarkan semua proses sampai selesai.
Pembersih File Sampah HP Xiaomi
Pembersih File Sampah HP Xiaomi
  • Kemudian Klik Tombol Bersihkan seperti gambar diatas.
  • Selesai.

Sampai disini, kamu telah berhasil membersihkan hp xiaomi kamu dari file file yang tidak terpakai. File ini wajib dihapus karena memang hanya menambah space penyimpanan anda. Jangan takut kalau ada file yang hilang, karena fitur ini tidaklah menghapus file data pribadi anda.

Kalian dapat scan pembersih file sampah ini sekitar 1 – 2 minggu sekali. Agar handphone anda tetap dapat lancar jaya, tanpa lag dan bebas dalam menggunakan hp kamu. Jangan mempersulit keadaan dengan adanya file sampah di hp kalian, jagalah kebersihan termasuk di smartphone anda mulai sekarang.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa cara untuk membersihkan file sampah di hp xiaomi kalian. Semoga ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian yang menggunakan hp xiaomi. Semuanya sudah lengkap dan diatasi oleh pihak xiaomi sendiri. Dan sebenarnya permasalahan untuk menggunakan aplikasi selain bawaan xiaomi juga bisa. Seperti aplikasi CCleaner yang mungkin sobat pernah dengar. Jadi itulah saja untuk pencerahan hari ini, silahkan kalian praktekkan dan ikuti cara cara diatas dengan benar. Saya pamit dulu dan sampai jumpa kembali di lain hari berikutnya 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment