Tutorial Aplikasi

3 PDF Reader Terbaik Untuk Windows 10 Yang Dilengkapi Dark Mode

Membaca ebook di komputer agak sedikit berbeda dengan membaca buku. Kamu yang melakukan keduanya, yaitu membaca buku dan ebook, tentu menyadari bahwa mata mudah sekali lelah saat membaca melalui layar PC.

Saya pun demikian, hanya membaca dalam beberapa halaman, maka mata sudah tidak tahan dan agak perih.

Solusinya?

Redupkan layar hingga batas minimal. Dengan demikian, mata menjadi lebih nyaman saat membaca.

Lalu beberapa bulan lalu, saya mulai menggunakan ekstensi Dark Mode untuk membuat tampilan halaman web menjadi hitam sehingga mudah membaca artikel.

Saat itu, saya coba buka PDF di Browser dan menggunakan ekstensi tersebut. Ternyata ekstensi dark mode tidak bekerja pada PDF. Ekstensi tersebut hanya bekerja pada halaman web saja

Cukup disayangkan mengingat saya sendiri sering membuka dan membaca file PDF seperti buku dan novel melalui browser.

Bagi saya, itu terbilang cukup praktis karena tidak perlu mendownload dan membuka aplikasi khusus untuk membuka PDF.

Tapi, belakangan saya baru tahu ada beberapa aplikasi PDF yang menyediakan fitur Dark Mode. Sepertinya saya juga harus beralih dari browser ke salah satu aplikasi tersebut saat ingin membaca file PDF.

Lalu aplikasi apa saja yang memiliki fitur Dark Mode?

Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah aplikasi yang sangat populer. Aplikasi tersebut sudah ada sejak beberapa dekade lalu dan namanya sangat identik dengan file PDF.

Adobe Acrobat Reader menyediakan banyak fitur, termasuk fitur untuk mengganti tema ke Dark Theme yang membuat tampilan aplikasi tersebut menjadi lebih gelap. Dark Theme sendiri dapat diakses melalui Display Theme yang terdapat di menu View.

Tetapi bagaimana dengan tampilan file PDF? Bisakah Adobe Acrobat Reader mengubah warna background file PDF menjadi gelap dengan teks yang berwarna terang? Seperti yang biasa kita temui pada Dark Mode di aplikasi lain?

Jawabannya, tentu saja bisa.

Kamu hanya perlu masuk ke menu Edit, lalu pilih Preferences.

Lanjutkan dengan mengklik Accessibility. Lalu di bagian kanan, klik Replace Documen Colors dan pilih Use High-Contrast Colors.

Selanjutnya, klik kotak di sebelah kanan untuk menampilkan pilihan tampilan file PDF. Kamu bisa memilih salah satu dari empat pilihan. Jika ingin menampilkan halaman PDF berwarna hitam dengan teks berwarna putih, maka pilih yang White Text on black.

Selain kedua pilihan di atas, kamu juga bisa mengkilk Custom Color untuk menentukan kombinasi warna teks dan background yang sesuai dengan keinginanmu.

Terakhir, klik Ok.

Dengan begitu, file PDF pun akan berubah secara otomatis.

Xodo

Xodo hadir dengan beberapa bentuk, seperti aplikasi, website dan ekstensi. Tetapi jika kamu ingin menggunakan Dark Mode, maka kamu perlu menggunakan aplikasi PDF Reader-nya yang harus kamu download dan install di komputermu.

Untuk mengaktifkan Dark Mode, klik View Mode dan lanjutkan dengan klik Icon berbentuk bulan. Maka Tampilan background file PDF pun akan langsung berubah menjadi gelap.

Selain itu, jika kamu tidak suka dengan tampilan background yang terlalu gelap, maka kamu juga bisa mengklik icon berbentuk huruf A. Tampilan file PDF pun nantinya tidak akan terlalu terang, tetapi juga tidak akan terlalu gelap.

Ingin warna background dan teks yang berbeda dengan kedua pilhan di atas? Coba saja klik ikon lingkaran paling kanan yang akan membuat aplikasi membuka Custom Color Mode. Di sana kamu akan menemukan lebih banyak pilihan.

Foxit MobilePDF

Meski namanya Foxit MobilePDF, tetapi aplikasi ini juga tersedia untuk Windows. Selain itu, tersedia pula fitur Night Mode yang mirip dengan Dark Mode.

Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut adalah dengan mengklik View. Nanti ada beberapa pilihan. Klik Night Mode untuk mengubah tampilan file PDF.

About the author

Alvin

Leave a Comment