Kesehatan

Fungsi Dan Bagian Otak Manusia? Wajib Tahu

Halo sobat jagoan Pada kesempatan ini kita akan membahas sedikit mengenai info berapakah kapasitas penyimpanan yang manusia miliki saat ini. Kalau kalian ingin tahu ciptaan Allah Swt yang maha dahsyat ini ternyata kalian pasti akan terkagum saat melihat bahwa manusia sebenarnya memiliki memory penyimpanan yang tak terhingga. Bahkan seluruh perpustakaan dunia sekalipun bisa disimpan didalam otak kita.

Banyak sekali yang tidak mengetahui bahwa rahasia yang terdapat didalam otak ini sama dengan rahasia yang sangat mustahil sekali bagi manusia untuk menggalinya. Namun ada beberapa fakta menarik bahwa otak semakin setiap hari menghafal sesuatu maka otak akan terbiasa memahaminya. Berbeda dengan mesin atau komputer otak lebih cenderung awet apabila sering digunakan.

Otak merupakan bagian paling penting yang dimiliki oleh makhluk hidup. Dimana otak adalah pusat pikiran yang mengatur sistem dari keseluruhan tubuh makhluk hidup. Otak manusia sendiri umumnya memiliki kapasitas sebesar 1.350 cc. Di dalam otak tersebut terdapat jutaan sel saraf atau neuron yang bekerja secara aktif.

Baca Juga : Gak Nyangka ! Ternyata IQ BJ Habibie Kalahkan Albert

Fungsi Otak Manusia

Secara garis besar fungsi otak dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu pikiran, gerakan, dan juga sistem tubuh. Dari ketiga fungsi tersebut membuat makhluk hidup dapat bergerak dan memiliki sifat atau perilaku, tentu saja sifat dan perilaku yang dimiliki oleh makhluk hidup sangatlah berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Bagian otak manusia umumnya memiliki beberapa bagian penting, setiap bagian tersebut memiliki fungsi serta peranannya masing-masing. Dimana bagian tersebut terhubung satu sama lain dan bisa membuat manusia dapat hidup dan bergerak.

Bagian-bagian Otak Manusia

Fungsi-Dan-Bagian-Otak-Manusia

Kalian semua wajib mengetahui bagian yang ada pada otak. Disini perlu sekali untuk memahami karena selain menambah pengetahuan. Wawasan tentang bagan manusia akan lebih menjadi sempurna. Banyak sekali komponen komponen yang menyusun otak manusia. Beberapa diantaranya bagiannya disebutkan dibawah ini :

1 Otak Besar

Otak besar bisa dikatakan sebagai bagian utama yang dimiliki oleh otak, bagian ini terletak di bagian paling depan. Dalam otak besar kamu akan menjumpai dua bagian penting yang ada di dalamnya, bagian tersebut adalah belahan kiri dan belahan kanan.

Kedua belahan tersebut memiliki fungsi yang berbeda, dimana belahan kiri berfungsi untuk mengatur tubuh bagian kanan. Sedangkan belahan kanan berfungsi untuk mengatur bagian tubuh sebelah kiri, bila bagian otak ini mengalami masalah akan berdampak langsung pada sistem gerak tubuh manusia.

2 Otak Kecil

Bagian yang tak kalah penting lainnya ialah otak kecil, otak yang terletak di bagian paling belakang ini memiliki dua belahan yang hampir sama dengan otak besar. Fungsi dari otak kecil tersebut adalah untuk menyeimbangkan tubuh, koordinasi otot, ataupun sistem gerak tubuh.

3 Batang Otak

Selain itu ada juga bagian yang bernama batang otak, letaknya sendiri ada di bagian depan otak kecil dan di bawah otak besar. Peran dari batang otak ialah sebagai penghubung otak dengan sumsung tulang belakang, dari sinilah tubuh bisa kamu gerakkan sesuai dengan keinginan melalui perintah dari batang otak.

Batang otak juga berguna untuk mengatur sistem tak sadar manusia, sistem ini terdiri dari pernapasan, detak jantung, pencernaan, refleks, dan sistem tak sadar lainnya. Secara umum bagian inilah yang memegang sistem kehidupan yang dimiliki oleh manusia.

4 Ganglia Basal

Ganglia basal merupakan bagian otak yang berfungsi sebagai koordinasi keseluruhan otak, bagian inilah yang menerima informasi atau pesan yang disampaikan ke bagian otak lainnya. Struktur dari ganglia basal tersebut berbentuk halus dan mengelilingi sebagian besar talamus.

5 Diensefalon

Terakhir terdapat bagian yang bernama diensefalon, letak dari diensefalon ini berada tepat di atas batang otak. Fungsi dari bagian tersebut ialah sebagai sistem sensorik pada manusia. Disini ia yang menerjemahkan bahasa tubuh seperti lapar, haus, suhu tubuh, siklus tubuh, dan bahasa tubuh lainnya.

Diensefalon tersebut memiliki tiga bagian utama, seperti talamus, hipotalamus, dan juga epitalamus. Ketiga bagian ini terhubung satu sama lain. Sehingga bisa mengatur dan mengkoordinir bahasa tubuh menjadi sistem informasi yang dapat diterima dan dimengerti oleh otak manusia.

Otak adalah salah satu bagian vital yang ada dalam tubuh manusia. Faktanya otak yang dimiliki manusialah yang mempunyai volume paling besar dari makhluk hidup lainnya. Hal tersebutlah yang memungkinkan manusia bisa berfikir lebih cerdas dan mempunyai kepribadian tersendiri.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment