Kesehatan Tutorial

Tutorial Lengkap Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile JKN-KIS

BPJS Kesehatan atau yang biasa dikenal dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Kini sudah merilis sebuah aplikasi yang bernama Mobile JKN – KIS yang dapat mempermudah segala urusan kamu. Terkait pendaftaran baru bagi yang belum pernah mendaftar, atau memantau lengkap jaminan kesehatan anda melalui aplikasi. Serta cetak kartu peserta BPJS yang bisa membuat keringanan soal biaya administrasi kamu. Saat berobat ke rumah sakit atau poliklinik terdekat, dan pastinya pasti artikel ini akan sangat berguna bagi kamu.

Pada aplikasi Mobile JKN – KIS, terdapat banyak fitur yang sangat memudahkan kita untuk berobat dengan mudah. Mulai dari konsultasi doker, dan keuntungan lain jika kamu menginstall aplikasi Mobile JKN – KIS ini di perangkat android kamu. Disini saya akan memberikan pencerahan sedikit mulai dari awal mendaftar, hingga sampai bisa menggunakannya.

Dulu saya menggunakan aplikasi Mobile JKN – KIS ini untuk mempermudah urusan saya yang semuanya dapat dilakukan dirumah. Mulai dari mengecek tagihan BPJS lewat smartphone. Dan membayar iuran hanya lewat mobile banking, daftar peserta, serta mencetak kartu peserta yang sudah kamu daftarkan. Dan beberapa keuntungan lainnya yang belum saya sebut disini.

Untuk cara mendaftarnya cukuplah mudah. Kita hanya perlu koneksi internet untuk mendaftar online dengan modal smartphone android dan aplikasi Mobile JKN -KIS. Tetapi jikalau ingin daftar di kantornya, juga dapat dilakukan, dan itu semua terserah pada kamu. Beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, seperti nomor handphone, ktp, kk (kartu keluarga). Yang harus kamu input kan ke pendaftaran online aplikasi BPJS Kesehatan.

Cara Daftar Mobile JKN – KIS BPJS Kesehatan Melalui Android

Yang pastinya, sebelum mengikuti tutorial ini. Kamu wajib memiliki beberapa kriteria seperti kartu peserta kartu indonesia sehat yang juga dapat di daftar lewat online. Tetapi untuk pencetakan kartu peserta, kamu wajib datang ke kantor bpjs terdekat untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Silahkan di download aplikasi Mobile JKN di Google PlayStore, dan install pada perangkat android kamu.

Daftar Mobile JKN - KIS (BPJS Kesehatan)
Daftar Mobile JKN – KIS (BPJS Kesehatan)

Pendaftaran Peserta Baru : Adalah Bagi yang belum memiliki Kartu JKN – KIS. Atau belum pernah mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan (JKN -KIS)
Sedangkan Pendaftaran Pengguna Mobile : Adalah yang sudah pernah terdaftar sebagai peserta BPJS (JKN -KIS) dan tinggal aktivasi lewat mobile.

Disini saya akan praktekkan bagaimana cara untuk login mobile jkn sesuai dengan kartu peserta yang kamu miliki. Caranya adalah aktivasi terlebih dahulu di aplikasi Mobile JKN tersebut.

Dan jika sudah ada kartu peserta bpjs kamu (kartu indonesia sehat). Kamu dapat memilih opsi Pendaftaran Pengguna Mobile.

  1. Buka menu Pendaftaran Pengguna Mobile.
  2. Isilah data data seperti No. Kartu BPJS (Biasanya ada di Kartu peserta KIS (Kartu Indonesia Sehat) NIK, Tanggal lahir, nama ibu kandung, password, nomor handphone yang aktif, serta email yang aktif.
    Step 1
  3. Jika sudah di isi semuanya, klik register.
  4. Akan dikirimkan kode aktivasi aplikasi mobile JKN ke email kamu.
  5. Cek email, kamu akan menerima 5 digit kode verifikasi seperti berikut ini.
    Step 2
  6. Simpan dan Catat Kode tersebut, buka kembali form registrasi Mobile JKN yang tadi.
    Step 3
  7. Masukkan kode yang dikirmkan ke form tersebut.
  8. Lalu pilih tombol Verifikasi.
  9. Setelahnya kamu akan mendapatkan notice seperti berikut ini.
    Step 4
  10. Dan itu tandanya, pendaftaran telah berhasil.
  11. Kini kamu akan diarahkan ke form login. Isilah data seperti No. Kartu BPJS, Password yang tadi telah kita buat, dan chaptcha.
    Step 5
  12. Setelah itu, Pilih Login.
  13. Maka seharusnya, login akan berhasil.
    Step 6
  14. Berhasil!.

Kesimpulan Singkat

Sekarang kamu sudah dapat memantau seperti tagihan serta pelayanan lain yang ada di aplikasi Mobile JKN (Kartu Indonesia Sehat) tadi.

Dengan adanya Aplikasi Mobile JKN – KIS ini, diharapkan bisa mempermudah urusan administrasi kita saat berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan tadi. Sekarang, kamu juga dapat membayar tagihan dari rumah saja tanpa jauh jauh lagi datang ke kantor.

Mungkin itulah cara serta Tutorial Lengkap Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile JKN-KIS. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semuanya. Tulis tulis di komentar jika bingung yah.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment