TipsTrick Trick

Ingin Kuliah Tapi Bingung Pilih Swasta Atau Negeri ? Baca Tips Ini

Pilih Kuliah Negeri Atau Swasta ?, Hai gaess, hari ini aku akan sedikit sharing mengenai pengalaman pribadi. Yaitu di saat kamu sedang bingung bingungnya memilih tempat perguruan tinggi negeri atau swasta. Biasanya, ini akan kamu hadapi saat kelas 3 SMA/SMK atau sederajat setelah menjelang kelulusan akhir sekolah. Disaat itu, mungkin ada yang lanjut kuliah dan ada juga yang ingin bekerja dahulu. Bagi kamu yang ingin masuk ke dunia per kuliahan, silahkan dibaca tips berikut agar kamu tidak keliru ingin memilih yang mana.

Dunia perkuliahan agak sedikit berbeda dengan sekolah sd, smp, bahkan smk/sma. Kamu akan dituntut untuk lebih dewasa, mulai dari pendaftaran kuliah, masuk, hingga semua keperluan dilakukan sendiri, dan tidak perlu lagi peran orang tua disana. Jika kamu bingung ingin masuk universitas negeri atau swasta, akan lebih baiknya jika dikondisikan dengan kondisi ekonomi di rumah kamu.

Ada beberapa orang yang memilih kuliah swasta ketimbang negeri tanpa tahu sebab dan alasan yang logis kenapa mereka memilih hal tersebut. Agar tidak salah langkah, sebaiknya kamu pahami dulu. Apasih perbedaan kuliah / universitas negeri dan swasta.

Berikut perbedaan universitas negeri dan swasta yang wajib kamu ketahui menurut admin jagoankode.

Sebenarnya kuliah swasta dan negeri itu sama saja. Yang membedakannya adalah seperti jalur masuk, biaya kuliah, serta akreditasi yang harus kamu ketahui sebelum masuk ke perguruan tinggi tersebut.

Perbedaan Jalur Masuk Universitas Negeri Dan Swasta

Biasanya, letak perbedaan jalur masuk juga ada. Kamu wajib perhatikan ulasan dibawah ini.

Kuliah Negeri Atau Swasta
Kuliah Negeri Atau Swasta

1. Jalur Masuk : Universitas Negeri

Jalur masuk universitas negeri, biasanya ada 3 jenis. Seperti SNMPTN, SBMPTN, Dan Jalur Mandiri (SMMPTN). Kalau di negeri, kita harus bersaing terlebih dahulu dengan banyaknya orang yang juga masuk dan mendaftar. Persentase untuk lulus adalah fifty fifty karena kita juga tidak tahu bagaimana pintarnya orang lain. Tapi, jangan pesimis dulu dong. Ketika kamu masuk negeri akan keuntungan yang dapat kamu peroleh.

Ketika kita masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Biasanya masing masing jalur masuk akan diberikan bonus pembayaran UKT atau BKT yang lebih murah. Per semester pada kuliah kamu akan berbeda beda, dan ada di kelompokkan sesuai dengan jalur masuk kamu. Jika kamu masuk jalur mandiri, maka biasanya relatif akan sedikit mahal ketimbanga SBM-PTN dan SNM-PTN.

Jadi dibandingkan Universitas Swasta, Universitas Negeri lebih sulit untuk masuk. Karena harus bersaing dahulu dengan melalui tahap tahap tes yang diadakan. Sebelum ikut tes, persiapkan dulu ya sob, pengusaan materi kamu agar dapat lulus di PTN Favorit kamu.

2. Jalur Masuk : Universitas Swasta

Untuk yang ingin masuk swasta, sejauh yang saya ketahui. Jalur masuknya agak sedikit berbeda dari universitas swasta. Biasanya swasta lebih banyak menampung anak anak yang ingin masuk ke perguruan tinggi tersebut. Tetap ada tesnya, dengan mengikuti gelombang 1, 2 atau lebih yang sudah ditetapkan oleh universitas swasta tersebut.

Persentase diterima jauh lebih besar ketimbang universitas negeri. Tetapi ada kekurangannya jika kamu masuk di universitas swasta. Yang menjadi perbedaan adalah biaya kuliah yang agak mahal. Sehingga tidak semua orang mampu untuk masuk ke universitas swasta.

Baca Juga : Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Tidak Punya Biaya ?

Tetapi, universitas swasta akan lebih baik menjadi opsi kedua jika kamu tidak masuk ke universitas negeri. Dan yang perlu kamu ketahui, Terkadang ada juga perbedaan akreditasi kampus. Dan itu, wajib kamu pilih pilih usahakan akreditasi B adalah kriteria minimal.

Perbedaan Biaya Kuliah Universitas Negeri Dan Swasta

Selain jalur masuk, ternyata juga ada perbedaan diantara biaya kuliah. Ini berlaku untuk semua jurusan serta kampus di semua wilayah indonesia.

1. Biaya Kuliah : Universitas Negeri

Pada universitas negeri. Biasanya lebih relatif murah, dan ini sudah saya lihat pada perbedaan semua jurusan kuliah. Disini sebenarnya kamu tidak perlu khawatir untuk kualitas di negeri, karena di negeri langsung di awasi oleh pemerintah. Jadi, persentase berkembang itu akan sangat besar. Bisa kamu bedakan perbedaan pertahuan sesuai angkatan. Universitas negeri, terdapat dan dibagi beberapa kelompok biaya kuliah yang wajib kamu tahu.

Baca Juga : Ini Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Dan biasanya, uang kuliah sudah disebutkan pada website resmi dari PTN yang ingin kamu masuki. Dibanding swasta, menurut saya lebih bagus negeri. Karena dari segi hal serta waktu, kamu dapat menemukan orang yang serius belajar pada universitas negeri. Tetapi, bukan berarti swasta tidak bagus. Hanya saja, biaya kuliah yang terlalu mahal seta biaya hidup akan membuat beban kamu semakin berat.

Note : Ini tidak berlaku bagi orang kaya :v

2. Biaya Kuliah : Universitas Swasta

Sebenarnya sih gak mahal mahal amat. Tergantung jurusan yang kamu ambil. Kalau kamu mengambil jurusan teknik, biasanya akan jauh lebih mahal ketimbang negeri. Tetapi, ada juga loh, kuliah swasta yang murah. Kamu dapat mengulik ngulik nya dulu di internet.

Tetapi, disisi lain dengan biaya kuliahnya yang agak mahal. Di swasta dilengkapi fasilitas premium yang dapat kamu nikmati. Jam kuliah terkadang ada yang sampai malam (kelas karyawan). Ini pasti akan sangat membantu bagi yang ingin kuliah sambil kerja ya sob.

Jadi, Secara Kualitas Lebih Bagus Universitas Negeri Atau Swasta ?

Membaca sedikit, dari perbedaan ulasan diatas. Kamu mungkin dapat memahami sedikit isyarat yang ingin saya sampaikan.

Pasti di akhir kata, kamu akan bertanya seperti ini. Jawabannya sih simple yah, itu semua ada pada pilihan kamu. Dan tergantung pada kondisi waktu, ekonomi serta kemauan tersendiri.

Saya lebih merekomendasikan untuk masuk universitas negeri bagi yang ingin fokus kuliah dan masih di biayai orang tua.
Dan saya juga lebih merekomendasikan untuk masuk universitas swasta bagi yang sambil kerja atau nyari uang.

Seperti yang saya bilang, waktu, kondisi keuangan, semuanya akan menjadi hal yang berbeda. Secara pengetahuan yang akan anda dapatkan, keduanya sangat bagus dan tidak ada bedanya. Letak perbedaannya adalah niat anda untuk mencari dan menggali ilmu lebih dalam lagi.

Jika kamu bingung, maka kamu boleh tanya tanya saya soal perbedaan dengan apa yang ada di kondisi kamu sekarang.

Apapun Bentuk kuliahnya, baik itu negeri atau swasta. Semuanya sama saja, sama sama tempat belajar. Jika kamu ingin berpotensi untuk sukses. Dalam setiap keadaan dan kondisi pasti ada jalannya asal ada kemauan.

Sekian dulu untuk pembahasan hari ini, semoga bisa bermanfaat. Saya pamit dan sampai jumpa kembali.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment