Internet Pemrograman

Membuat Form Loading Ke Form Lainnya VBNET

Belum Ada Rating.

Cara Membuat Form Loading Ke Form Lainnya VBNET ~ Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai tutorial Visual Basic, buat kalian yang ingin membuat sebuah form loading animasi menggunakan vbnet, kalian berada di tempat yang tepat. vbnet merupakan tempat kita membuat aplikasi atau software sendiri. pada tutorial di google yang saat ini masih minim sekali. saya tertarik untuk membuat artikel ini pada kesempatan yang berbahagia ini.

Maksudnya form loading adalah sejenis efek animasi sebentar yang menunjukkan loading dan akan otomatis mengarah ke form lainnya. saya juga membuat tutorial ini dalam bentuk video di youtube dan saya letakkan linknya tepat di akhir postingan nanti. tapi sebelumnya sebelum melihat video agar tidak gaptek silahkan baca penjabaran yang saya jelaskan berikut dibawah ini.

Istilah Form ialah bentuk tampilan program yang akan dimuat dan digunakan sebagai wadah/tempat tool-tool kamu terisi. nah untuk pembuatan loading pada form dibutuhkan yang namanya timer, timer ini berfungsi akan menjalankan semua fungsi secara otomatis dan tidak membutuhkan klik atau apapun kecuali memang dibutuhkan.

Nah timer ini merupakan poin penting untuk membuat loading form, karena loading form bersifat menggunakan waktu dan durasi untuk pindah ke form lainnya. selain timer kita juga membutuhkan tool yang biasa disebut progress bar. progress bar jika kamu baru mendengarnya, ini berfungsi sebagai loading yang biasanya kamu lihat di game atau aplikasi yang menggunakan loading berbentuk progress contohnya seperti 1 % hingga ke 100% yang biasanya kalian lihat dalam bentuk persen tadi. itu disebut dengan istilah progress juga.

Membuat Form Loading Ke Form Lainnya VBNET

Jika ingin melihat tutorial berupa video lengkapnya ada di channel youtube saya, bisa kamu cek disana. Dan Untuk cara membuatnya secara tertulis, saya membuatnya di blog ini. kamu harus membuat minimal 2 form untuk uji coba. untuk designnya, bisa anda kreasikan nanti sendiri sesuai keinginan masing masing.

Siapkanlah beberapa toolbox atau peralatan untuk persiapannya, kamu harus membuat :

  • 2 Form.
  • 1 ProgressBar.
  • 1 Timer.
  • 1 Label.

Jika Sudah Menambahkan Ilustrasinya Seperti Gambar Dibawah Ini :

Membuat Form Loading Ke Form Lainnya VBNET

Kita Fokus Edit / Ngoding Pada Form Satu Saja, dan nanti akan dialihkan ke form 2, silahkan sesuaikan dengan kode dibawah ini.

Untuk Form_Load Kurang Lebih Seperti Ini Bentuk Kodenya

Private Sub Form1_Load(sender As Object, e As EventArgs) Handles MyBase.Load
Timer1.Start()
End Sub

Untuk Timer Buat Kode Seperti Ini :

Private Sub Timer1_Tick(sender As Object, e As EventArgs) Handles Timer1.Tick
If ProgressBar1.Value < 100 Then
ProgressBar1.Value += 2
ElseIf ProgressBar1.Value = 100 Then
Timer1.Stop()
Form2.Show()
Me.Hide()
End If
Label1.Text = ProgressBar1.Value & "%"
End Sub

Jika Sudah Sesuai, Maka Jalankan Program Kamu, seharusnya sih akan berhasil, nah buat yang masih bingung seperti yang saya bilang sebelumnya saya juga membuat tutorial di youtube silahkan di cek channel youtube saya, nama channel Mohammad Kahfi. saya juga berbagi video tutorial tentang web / program juga disana dan vbnet juga ada. ada baiknya saya tutup saja artikel ini karena sudah 2 hari saya membuat artikel ini. mendingan saya tutup saja.

Kesimpulan..

Demikianlah artikel ini saya buat, semoga bermanfaat bagi programmer junior indonesia. apabila anda mengukutinya dari awal, seharusnya sudah berhasil untuk Membuat Form Loading Ke Form Lainnya VBNET. silahkan like dan share, komen apa aja saya akan balesin satu persatu. terimakasih telah membaca dan sampai jumpa kembali 🙂

Update Tutorial Berbentuk Video Biar Makin Jozz!!!

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment