TipsTrick

Baterai Laptop Tidak Terdeteksi? Jangan Panik. Lakukan Cara ini

Baterai merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari Laptop. Tanpa baterai, laptop tentu tidak akan menyala. Namun sama seperti bagian lain dari laptop, baterai juga bisa mengalami masalah.

Salah satu masalah yang terjadi pada laptop adalah baterai yang tidak terdeteksi. Jika ini terjadi, maka teks “no battery is detected” yang muncul di layar laptop pun terkadang membuat kita panik.

Pesan Yang Muncul Di Layar

Saat baterai laptop tidak terdeteksi, maka tergantung dari versi windows yang kamu gunakan, pesan yang muncul akibat kondisi tersebut pun bisa berbeda-beda, mulai dari pemberitahuan yang terdapat di tengah layar hingga peringatan berbentuk teks kecil yang terdapat di kanan bawah layar dekat ikon baterai.

Berikut adalah beberapa pesan yang muncul jika baterai tidak terdeteksi.

  • Consider replacing your battery.
  • Battery #1: Not present.
  • No battery is detected.
  • The battery is not detected.
  • No battery present.

Penyebab Baterai Laptop Tidak Terdeteksi

Jika hal ini terjadi, ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Bisa karena kerusakan fisik pada baterai, kerusakan pada hardware laptop, drivers yang tidak diupdate hingga masalah overheating.

Cara Untuk Mengatasi Baterai Laptop Tidak Terdeteksi

Apapun penyebabnya, jangan dulu panik. Sebelum berpikir untuk mengganti baterai, coba dulu tips berikut.

Sambungkan Laptop Ke Sumber Listrik

Baterai laptop yang tidak terdeteksi bisa jadi karena baterai tersebut sudah kosong. Jadi jangan dulu panik. Coba sambungan laptop ke sumber listrik dan tunggu selama 15 menit. Setelah itu coba nyalakan kembali.

Tidak perlu khawatir dengan masalah overcharge. Baterai pada laptop modern umumnya sudah dilengkapi fitur anti overcharge yang akan aktif setelah baterai terisi penuh.

Restart Laptop

Ini merupakan cara mudah yang harus kamu coba saat mengalami masalah pada laptop. Merestart laptop bisa mengatasi sejumlah masalah pada perangkat tersebut, termasuk baterai yang tidak terdeteksi.

Dinginkan Laptop

Jika laptop sudah terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama atau kamu menggunakannya tanpa henti, maka coba matikan laptopmu. Bisa jadi baterainya terlalu panas.

Biarkan laptop dingin terlebih dahulu selama beberapa waktu. Setelah itu, coba nyalakan dan cari tahu apakah masalah tersebut berhasil diatasi atau tidak.

Update Windows

Windows yang up to date sangat penting untuk membuat laptop berjalan dengan lancar. Selain itu, sejumlah masalah pada laptop seperti baterai yang tidak terdeteksi pun terkadang dapat diatasi dengan mengupdate windows.

Cek Status Baterai

Untuk melakukan ini, buka Device Manager. Pilih Batteries  lalu klik kanan pada Laptop Battery dan pilih Properties. Jika kamu melihat teks yang menunjukan bahwa perangkatmu baik-baik saja, maka tidak ada masalah pada baterai. Itu, berarti baterai yang tidak terdeteksi disebabkan oleh hal lain.

Namun jika kamu tidak menemukan pesan tersebut, maka baterai laptopmu kemungkinan mengalami kerusakan fisik dan harus diganti.

Jalankan Power Troubleshooter

Masuk ke Setting dan pilih Update & Security. Lalu ke Troubleshoot, pilih Power dan jalankan Run The Troubleshooter . Dengan melakukan ini, Windows akan mencari tahu apakah ada masalah yang berkaitan dengan baterai yang tidak terdeteksi.

Update Driver Baterai

Coba update driver baterai dengan cara membuka Open Device Manager. Lalu klik Batteries. Pilih Driver, lalu Update Driver dan Search Automatically For Updated Driver Software.

Pastikan kamu merestart laptop setelah proses update driver selesai agar driver sepenuhnya terinstal dan dapat berjalan dengan baik

Cabut Baterai

Matikan laptop lalu cabut baterainya. Cabut semua kabel dan sumber daya. Setelah itu tekan tombol power selama 15 detik.

Masukan kembali baterai yang telah dicabut lalu sambungkan laptop ke sumber listrik. Tekan tombol Power di laptop lalu pilih Start Windows Normally.

Reset BIOS

Nyalakan Windows pada laptop lalu akses BIOS Setup. Pada Bios, pilih Restore Defaults lalu pilih save dan exit. Setelah itu nyalakan laptop seperti biasa.

About the author

Alvin

Leave a Comment