TipsTrick

Cara Mendapatkan Beasiswa di Perkuliahan atau Universitas Negeri

Biaya kuliah yang semakin mahal dari tahun ke tahun, membuat para orang tua harus lebih bekerja keras lagi. Tapi, kamu yang masih kuliah dan ingin meringankan beban orang tua dalam urusan biaya kuliah, kamu bisa mengikuti beasiswa yang saat ini banyak diadakan oleh universitas.

Saat ini, banyak beasiswa yang diadakan oleh pemerintah dan pihak kampus. Tetapi, untuk mendapatkan beasiswa tersebut juga tidak mudah, kamu harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari agar persiapan kamu matang dan bisa mendapatkan universitas yang kamu impikan tersebut. Simak artikel berikut yang membahas mengenai cara mendapatkan beasiswa di perkuliahan.

Cara Mendapatkan Beasiswa di Perkuliahan

cara mendapatkan beasiswa

Rajin bertanya pada guru atau staf TU di sekolah

Untuk kamu yang tertarik dengan beasiswa, jangan malas untuk bertanya pada guru atau staf TU di sekolah. Jadi kamu bisa melakukan pendekatan pada guru atau staf TU, karena mereka akan tahu jika ada peluang beasiswa kuliah yang bisa kamu dapatkan.

Mencari info lewat teman sekolah atau saudara

Inilah pentingnya punya relasi yang banyak, karena kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari mereka. Kamu bisa menanyakan informasi beasiswa kuliah gratis lewat teman atau saudara kamu. Kamu juga bisa dengan mudah bertanya langsung dengan mereka, sehingga kamu juga bisa mendapatkan tips dari mereka untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Mengikuti perlombaan di universitas terkait.

Selain rajin mencari informasi mengenai beasiswa, kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dengan mengikuti perlombaan dan memenangkan perlombaan tersebut. Karena ada beberapa universitas yang menawarkan beasiswa apabila kamu memenangkan perlombaan seperti UI atau ITB.

Menguasai bahasa inggris

Apabila kamu tertarik untuk mengikuti beasiswa kuliah di luar negeri, maka kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki juga harus baik. Untuk kamu yang tertarik dengan beasiswa di luar negeri, kamu harus memiliki skor TOEFL yang tinggi, setidaknya 500.

Maka dari itu, apabila kamu sudah berencana untuk mendaftarkan beasiswa di luar negeri, kamu harus mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu agar lebih baik lagi.

Menentukan pilihan universitas

Setelah kamu mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa, jangan lupa untuk memilih jurusan dan universitas yang kamu inginkan. Dalam memilih jurusan, kamu harus mempertimbangkannya dengan baik, karena apabila kamu sampai salah memilih jurusan, kuliah yang kamu jalani bisa menjadi tidak menyenangkan karena tidak sesuai dengan minat kamu.

Daftar kampus ikatan dinas

Selain universitas negeri, kamu bisa mendapatkan beasiswa dengan masuk kampus ikatan dinas seperti STIS, STAN, API, STTD, IPDN. dan STSN. Dengan kamu masuk kampus ikatan dinas, kamu juga bisa mendapat biaya kuliah gratis, tetapi akan di kontrak dengan dinas terkait setelah kamu lulus dan kamu bisa langsung bekerja.

Melengkapi semua persyaratan

Saat kamu mengajukan beasiswa, pasti akan banyak persyaratan yang harus dilengkapi. Dan itu akan memakan waktu yang banyak dan menguras tenaga kamu, namun kamu harus melengkapi persyaratan tersebut apabila ingin mengikuti beasiswa tersebut.

Menyiapkan diri saat diadakan tes

Setelah kamu melewati seleksi berkas, dan dinyatakan lolos maka kamu akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tes. Tes biasanya terbagi menjadi tes tertulis, wawancara tetapi tergantung dengan kebijakan penyelenggara beasiswa tersebut. Sehingga jangan lupa ya untuk belajar, dan mempersiapkan diri dengan baik saat tes tiba.

Itulah beberapa informasi mengenai cara-cara mendapatkan beasiswa di perkuliahan atau universitas negeri. Jangan lupa untuk belajarĀ  agar wawasan kamu dapat bertambah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang berminat untuk mendaftar beasiswa.

About the author

Nurdiansyah Nurdin

Leave a Comment