Tech

OnePlus Pamerkan Layar 120Hz dan Fitur MEMC Untuk OnePlus 8 Series

High refresh rate display telah menjadi trend smartphone yang sepertinya akan terus di-implementasikan untuk kedepanya.

Tahun lalu, Redmi merilis Redmi K30 yang menggunakan layar dengan refresh rate sebanyak 120Hz dan kali ini OnePlus juga tidak mau ketinggalan.

Sebenarnya, OnePlus sendiri adalah perusahaan yang memulai trend high refresh rate display dengan merilis OnePlus 7 Pro pada bulan Mei tahun lalu.

Smartphone tersebut mengadopsi teknologi Fluid AMOLED display yang mampu menampilkan 90 Frames per detiknya (FPS/Hz). Kemudian, OnePlus merilis 7T dan 7 Pro yang juga menggunakan layar yang sama.

Namun kali ini, CEO OnePlus – Pete Lau belum lama telah memamerkan kemampuan layar yang nantinya akan digunakan untuk smartphone terbaru mereka yaitu OnePlus 8 Series.

OnePlus 8 Series Akan Usung Fluid Display Dengan Fitur MEMC

Seperti OnePlus 7 Series, OnePlus 8 juga akan menjadi smartphone flagship yang kabarnya akan dirilis tahun ini.

OnePlus 8 Series akan menggunakan layar yang Pete Lau namakan Fluid Display. Beliau masih belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai teknologi tersebut namun kemungkinan besar, Fluid Display berbasis OLED.

Seperti K30 milik Redmi, layar tersebut juga dapat menampilkan 120Frames per detiknya e.g 120Hz.

Namun tidak hanya itu, Pete Lau juga menambahkan bahwa OnePlus 8 Pro juga akan dilengkapi dengan Chip khusus yang akan memberikan fitur MEMC.

MEMC (Motion Enhancement, Motion Compensation) secara singkat adalah fitur yang digunakan untuk membuat video biasa @30Fps untuk terlihat lebih mulus seakan-akan video tersebut berjalan pada 60Fps. Fitur tersebut biasanya ditemukan untuk Televisi, namun kali ini fitur tersebut akan di-implementasikan untuk smartphone.

Pete Lau juga memamerkan video yang di-unggah melalui akun Twitternya. Video tersebut menunjukan perbedaan antara smartphone dengan layar biasa 60hz dengan 120Hz.

Pastinya, perbedaan akan terlihat lebih jelas jika video tersebut diperlambat menjadi 30FPS (25% speed).

OnePlus 8 Series sendiri akan terbagi menjadi tiga model yaitu Vanila OnePlus 8, OnePlus 8 Pro dan OnePlus 8 Lite.

Untuk OnePlus 8 Pro, smartphone ini kabarnya akan menjadi salah satu smartphone 5G di tahun 2020 berkat digunakannya Snapdragon 865 dari Qualcomm. SoC tersebut akan dikolaborasikan dengan 12GB RAM dan Android 10 berbasis Oxygen OS.

OnePlus sendiri masih belum memberikan tanggal rilis untuk smartphone tersebut. Namun menurut informasi yang beredar, OnePlus 8 Series kabarnya akan dirilis pada bulan Mei mendatang.

About the author

Afrizal

Hanya seorang penulis yang mencintai dunia teknologi.
Rizal sebenarnya sangat pemalas, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghasilkan uang dari passionya
Rizal mencintai hal-hal yang berkaitan dengan komputer atau smartphone dan akan selalu memberikan berita terbaru mengenai keduanya.
Namun, terkadang dia juga suka membagi tips & trick saat tidak dikejar deadlines.
Di waktu luangnya, kamu akan melihat dia bermain gitar atau menonton film di bioskop.

Business Contact: [email protected]

Leave a Comment