Blogging Tutorial Blog

Pengalaman Migrasi Dari Blogger Ke WordPress Self Hosting

Di artikel kali ini, saya akan sedikit bercerita pengalaman mengenai migrasi dari blogger ke wordpress self hosting. Sebenarnya, apa apa saja sih dampak yang saya rasakan, apakah makin bagus atau malah makin buruk ?. Ini yang akan mungkin ditanyakan sobat sekalian terkait mengambil keputusan migrasi antar platform blogger dan wordpress. Jujur saja, kedua platform ini sama sama bagus dan saya kesulitan untuk memilih. Banyak orang berpendapat bahwa di masing masing platform ada kelemahan dan juga ada kelebihan tertentu. Dan inilah kenapa hal yang ingin membuat saya untuk mengambil keputusan migrasi ke wordpress.

Baca Juga : Alasan Saya Pindah Ke TLD (Top Level Domain)

Saya sudah terjun di dunia blogging sekitar 5 tahun sejak saya membuat artikel ini. Dan tepatnya dua minggu kemarin, saya mengambil dua keputusan. Yaitu upgrade ke tld dan juga pindah ke wordpress self hosting. WordPress disini bukan yang saya maksud membuat di wordpress.com melainkan menggunakan blog tools dari wordpress.org, dan kedua jenis ini berbeda sekali.

Sebelum melakukan migrasi ke berbeda platform, maka hal yang harus dilakukan adalah custom tld terlebih dahulu. Sebab, jika sebelumnya sobat tidak menggunakan tld, bagaimana mau disingkronkan dengan hosting. Nah, bisa dikatakan disini saya dari domain gratisan blogspot lalu ke dot com dan migrasi platform wordpress self hosting.

Migrasi platform bukanlah sembarangan, melainkan harus di pikir pikir dulu apa penyebab dan kelebihannya. Sebab banyak sekali orang yang mengambil keputusan tanpa membaca referensi dulu dari orang yang pernah melakukan hal ini. Agar sobat sekalian tidak salah langkah, maka saya disini akan berbagi pengalaman sedikit untuk migrasi blogspot ke wordpress.

Migrasi Dari Blogger Ke WordPress Self Hosting
Migrasi Dari Blogger Ke WordPress Self Hosting

Jadi, mungkin pertanyaan yang akan kalian lontarkan akan seperti ini :

Trafik Blog Hilang Atau Tidak ?

Pertanyaan pertama umum orang lontarkan adalah seperti judul diatas. Mengenai trafik, disini saya akan bahas sedikit. Sudah sekitar 2 mingguan saya melakukan migrasi antar blogger ke wordpress self hosting. Hal hal yang saya alami adalah sebagai berikut.

  • Hari Pertama setelah migrasi akan terasa kenaikan 2 kali lipat.
  • Hari Kedua masih sama dan tidak beda jauh saat hari pertama anda melakukan migrasi dan juga custom domain tld.
  • Hari Ketiga Mulai akan merasakan penurunan yang amat luar biasa nunjam.
  • Sampai seminggu trafik terus menurun sampai setengah dari normal trafik blog saya setiap hari.
  • Di Minggu Berikutnya ada kenaikan yang signifikan walaupun gak banyak.
  • Dan masih terus bertambah sampai sekarang.

Masalah utama saya kenapa trafik saya turun adalah karena sebelumnya belum melakukan custom domain tld di platform blogger. Dan ini akan berdampak pada trafik blog dalam jangka waktu yang dekat.

Dan pernah saya bahas juga disini : Resiko Upgrade TLD..

Langkah sebaiknya, jika memang anda ingin melakukan migrasi dari blogger ke wordpress self hosting. Pastikan domain anda sudah di custom tld dahulu, baru pindah ke wordpress agar tidak kehilangan trafik.

Kelebihannya di Segi Apa ?

Walaupun sekarang saya sudah menggunakan wordpress self hosting dan domain tld. Saya masih tetap menggunakan permalink dari blogger. Bisa anda cek di artikel ini, dan perhatikanlah permalink dari blog ini. Masih permalink blogger bukan ?, nah padahal di wordpress itu bisa bebas untuk menggunakan permalink yang dapat anda modifikasi sendiri.

Update : Saya sudah mengganti ke permalink wordpress

Dan tujuan utama saya migrasi, bukanlah untuk permalink. Melainkan kemudahan pengunjung untuk dapat mengakses website ini. Seperti contoh ada member area yang tidak bisa dibuat di platform blogger. Panel penulis untuk melakukan kontribusi artikel kesini. Dan masih banyak lagi kelebihan di wordpress.

Tampilan di wordpress juga lebih elegan dan terlihat jauh lebih profesional ketimbang blogger. Maka itulah saya migrasi ke wordpress, dan menjadi icon bahwa blog ini berkembang lebih pesat dari biasanya.

Blogger/Blogspot Rentan di Hapus Jika Melanggar

Sudah banyak sekali rekan dan teman blogger saya yang menggunakan platform ini sering dihapus. Di hapus karena sering terlalu banyak melanggar kebijakan dan peraturan yang telah ditetapkan oleh google. Bukan berarti blog kamu juga gampang ke hapus, itu salah besar.

Kriteria yang sering dihapus adalah blog blog yang suka copas artikel orang lain, inventaris berharga, ilegall, melanggar hukum dan hal hal yang tidak di inginkan oleh google.

Sebenarnya malah bagus dibuat kebijakan seperti ini, lebih mempererat kedisplinan yang menggunakan platform blogger. Kelemahannya adalah apabila dihapus suatu saat, maka kita tidak diberi kesempatan untuk mem backup konten lama kita di blogger. Dan salah satu ketakutan saya dimasa akan datang. Kalau sobat memang ingin serius terjun ke dunia blogger maka tidak ada salahnya juga menggunakan blogspot untuk belajar. Namun untuk tingkat lanjut, saya rekomendasikan untuk beralih ke platform wordpress self hosting.

Kelemahan WordPress Self Hosting Apa ?

Sebenarnya kelemahannya itu gak ada, cuma seperti biaya tambahan yang agak sedikit mahal untuk membayar iuran sewa hosting perbulan.Biaya yang dikeluarkan juga tergantung pengunjung blog banyak atau tidak. Semakin banyak visitor maka akan semakin banyak bandwith dibutuhkan untuk menampung seluruh hosting anda.

Pertanyaannya untuk persaingan di google apakah berpengaruh ?

Untuk persaingan di serp google menurut saya sama saja dan tidak ada bedanya terkait platform blogger dan wordpress.

Saya sudah menguji sendiri di blog ini. Kalau memang kalian tidak percaya, maka coba konsultasi dengan yang pernah migrasi blogger ke wordpress ini.

Inti Dari Artikel Ini

Intinya adalah kedua platform ini sama sama terbaik. Blogger dan wordpress sama sama bagus untuk keperluan ngeblog.

Saya tidak menjelakkan satu sama lain, karena memang saya sudah pernah mencoba di kedua platform ini.

Maju atau tidaknya blog tergantung sama diri anda sendiri. Dan saya rasa untuk melakukan migrasi ini adalah keputusan yang sangat besar.

Hasil yang besar dilandaskan dengan resiko yang besar, dan hasil yang kecil dilandaskan dengan resiko yang kecil. Jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar, maka ambillah keputusan yang besar!.

Baiklah, semoga artikel ini dapat membantu pemikiran serta referensi anda mengenai pengetahuan migrasi platform ini. Blogger dan wordpress sangat membantu kita dalam keperluan ngeblog secara gratis. Biasakan membaca dulu sebelum bertanya, dan silahkan berdiskusi jika memang ada yang ditanyakan 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

13 Comments

Leave a Comment