Perbankan

Penyebab Gagal Aktivasi Mandiri Online (Mobile Banking)

Bank mandiri adalah salah satu layanan bank terbaik menurut saya. Karena selain mandiri yang mempermudah transaksi orang lain. Mandiri kini juga hadir pada aplikasi mobile bankingnya. Karena setiap bank memiliki nama nama bank yang berbeda. Maka kali ini kita akan mengulik sedikit mengenai tips mandiri online. Pernah gak sih kamu Gagal Aktivasi Mandiri Online, tanpa tau sebabnya apa. Disini akan saya jelaskan alasan kenapa kamu selalu gagal re aktivasi mobile banking mandiri online. Yuk kita bahas!.

Mandiri Online sangat membantu bagi para nasabah yang menginginkan kemudahan dalam bertransaksi. Sayangnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan aktivasi Mandiri Online di gadget menjadi gagal. Meski terkadang permasalahan ini hanya disebabkan masalah sepele, namun tetap saja menyebabkan aktivasi menjadi gagal.

Artikel Sebelumnya : Solusi 114 – Transaksi Anda tidak dapat diproses BRI Internet Banking.

Lantas, apa sajakah yang menyebabkan aktivasi menggunakan Mandiri Online pada gadget menjadi gagal? Berikut ulasan lengkapnya.

Beberapa Faktor Penyebab Aktivasi Mandiri Online Menjadi Gagal

Mandiri Online sendiri merupakan versi terbaru dari aplikasi Mandiri Mobile sebelumnya. Jika anda menggunakan versi lama yaitu Mandiri Mobile, anda dianjurkan untuk segera menginstal Mandiri Mobile terbaru jika ingin tetap bertransaksi.

Baca Juga : Cara Daftar Ulang / Re Aktivasi BNI Mobile Banking Panduan Terlengkap.

Aktivasi Mandiri Online sendiri sebenarnya cukup mudah, namun faktor di bawah ini dapat menyebabkan aktivasi menjadi gagal.

Gagal Aktivasi Bank Mandiri
Gagal Aktivasi Bank Mandiri

1. Nomor Smartphone Belum Terdaftar

Ini merupakan faktor utama yang menyebabkan aktivasi Mandiri Online menjadi gagal. Pertama anda harus memastikan bahwa nomor smartphone anda telah terdaftar di SMS Banking. Untuk pendaftaran sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu mendaftar melalui mesin ATM. Namun, jika anda bingung cara mendaftar menggunakan mesin ATM, sebaiknya langsung datang ke Bank Mandiri terdekat.

Kekurangan pendaftaran menggunakan mesin ATM adalah transaksi perbankan yang bisa anda lakukan cukup terbatas. Anda hanya bisa memanfaatkan transaksi pembayaran, transfer, pembelian dan sebagainya. Jika anda ingin memanfaatkan fasilitas lainnya, sebaiknya aktivasi langsung di kantor Bank Mandiri terdekat.

Anda tidak bisa langsung memanfaatkan fitur Mandiri Online hanya dengan menginstal aplikasi di gadget. Selanjutnya anda harus mengaktivasi nomor smartphone anda pada mesin ATM maupun di cabang Bank Mandiri.

2. Masalah pada Setting Kartu SimCard di Gadget

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa masalah sepele terkadang bisa menyebabkan aktivasi Mandiri Online menjadi gagal. Salah satu masalah yang sebenarnya termasuk sepele namun seringkali membuat orang bingung adalah setting kartu SimCard di Smartphone.

Jika anda telah berulang kali mengalami kegagalan mengaktivasi Mandiri Online pada gadget Anda, ada baiknya anda mengecek setting kartu SIM Card pada gadget. Hal ini terutama harus dilakukan jika anda menggunakan smartphone dengan dual SIM Card. Smartphone dengan dual kartu SIM akan membutuhkan pengaturan atau setting pada bagian Default SIM.

Baca Juga : Update! Cara Beli Token Listrik Lewat Mobile Banking BNI Terbaru

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan membuka Pengaturan pada smartphone. Selanjutnya pilih Pengaturan Kartu SIM. Pada bagian informasi kartu SIM, akan ditampilkan jenis kartu yang anda gunakan. Cek pada bagian bawah tepatnya bagian Pesan atau Messaging. Periksa default untuk messaging pada HP anda.

Apabila default yang anda gunakan bukan kartu untuk SMS Banking Mandiri, maka sebaiknya segera ganti pengaturan Messaging atau Pesan. Penggunaan default Messaging dengan kartu yang tidak diaktivasi untuk SMS Banking Mandiri dapat menyebabkan aktivasi Mandiri Online gagal.

3. Masalah Akibat Pergantian Gadget

Aktivasi Mandiri Online juga bisa gagal ketika anda melakukan pergantian HP. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, yaitu:

a. Hapus aplikasi Mandiri Online yang telah anda install

b. Restart ulang HP yang digunakan

c. Untuk HP dengan dual SIM, sebaiknya tempatkan kartu untuk SMS Banking pada slot SIM 1. Sementara kartu SIM lainnya sebaiknya dicabut terlebih dahulu sehingga Slot SIM 2 dikosongkan terlebih dahulu.

d. Instal kembali aplikasi Mandiri Online dan aktivasi ulang.

Itulah beberapa penyebab aktivasi Mandiri Online menjadi gagal. Jika anda menghadapi masalah serupa, anda bisa mengikuti solusi yang disediakan di atas. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk aktivasi ulang mandiri online yang tadinya gagal. Sekian dulu untuk pembahasan kita hari ini. Sekian dan terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment