Android TipsTrick

5 Cara Mengatasi Slot Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Halo sobat jagoan. Kartu SIM merupakan salah satu keberadaan yang cukup penting saat ini. Tidak sah rasanya jika memiliki smartphone kalau tidak memiliki kartu didalamnya. Kartu SIM sendiri berfungsi sebagai perantara untuk alat komunikasi. Namun beberapa diantaranya banyak sekali yang memiliki trouble antara SIM dan Hp nya.

Baca Juga : Jenis โ€“ Jenis Kartu Simcard di Indonesia

Kartu SIM tidak terbaca merupakan salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna seluler. Hal tersebut tentu sangat mengganggu apalagi pada saat Anda memiliki urusan yang penting. Namun, hal tersebut dapat Anda atasi dengan beberapa cara. Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengatasi kartu sim yang tidak terbaca pada smartphone Anda.

Baca Juga : UPDATE INFO : Kartu SIMCARD TELKOMSEL Yang Sudah Hangus Habis Masa Tenggang, Masa Aktif Serta Kartu Mati Dan Terblokir

Sebelum masuk ke pembahasan utama kita terlebih dahulu pahami penyebab terjadinya SIM eror alias tidak terdata atau tidak terbaca. Padahal semua langkah yang kita lakukan juga sudah benar. Untuk permasalahan ini biasanya terkait pada dua hal yakni Kartu SIMCARD nya yang kedua ialah Hpnya sendiri. Mungkin saja eror kartu ini tidak semerta merta karena kartu rusak ataupun memang tidak bisa terdeteksi.

Baca Juga : Cara Mengganti Kartu SIM TELKOMSEL Yang Hilang Atau Rusak

Terkadang Handphone nya sendiri pun tidak mempunyai kemampuan mendeteksi jaringan. Dengan kata lain smartphone kalian rusak. Adapun cara untuk mengetahui dan penyebab nya. Akan kita telaah melalui cara lengkap dalam mengatasi sim tidak terbaca ini. Silahkan simak langkahnya dibawah ini :

Cara Mengatasi Slot Kartu SIM yang Tidak Terbaca

Mengatasi-Slot-Kartu-SIM-Yang-Tidak-Terbaca

1. Membersihkan Kartu SIM

  • Matikan terlebih dahulu smartphone Anda
  • Buka dan keluarkan kartu SIM yang tidak terbaca dari smartphone Anda
  • Selanjutnya, bersihkan kartu SIM tersebut dari kotoran dan debu yang menempel dengan menggunakan kapas ataupun kuas yang bersih.
  • Setelah dirasa cukup bersih, pasang kembali kartu SIM tersebut pada smartphone Anda.
  • Hidupkan smartphone Anda dan tunggu beberapa saat hingga kartu sim kembali terhubung dengan jaringan seluler.

2. Matikan Smartphone dan Gunakan Kartu SIM lain

Cara berikutnya untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca adalah dengan mencoba menggunakankartu SIM yang lain. Apa bila kartu SIM yang lain tersebut mampu terbaca pada slot yang sama dengan kartu SIM yang rusak, maka dapat dipastikan bahwa kartu SIM yang Anda telah mengalami kerusakan.Namun, apabila kartu SIM tetap tidak terdeteksi bisa saja kerusakan terjadi pada slot SIM.

3. Melakukan Pengaturan Jaringan Ulang

  • Cara selanjutnya untuk mengatasi slot kartu yang tidak terbaca adalah dengan melakukan pengaturan ulang pada jaringan seluler. Untuk melakukannya, Anda dapat melihat cara berikut ini.
  • Masuk pada menu pengaturan smartphone Anda.
  • Pilih Network & Internet
  • Pilih mobile Network dan aturlah access point names jaringan
  • Selanjutnya, Anda dapat mengisi APN tersebut sesuai dengan yang dimiliki oleh jaringan seluler yang Anda gunakan.
  • Simpan pengaturan tersebut, dan kartu seluler Anda akan terbaca jika tidak mengalami kerusakan.

4. Melakukan Factory Reset Android

Cara berikutnya untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terdeteksi pada smartphone Anda adalah dengan melakukan factory reset. Cara yang satu ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi dari smartphone Anda seperti pada saat semula alias baru. Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan cara ini. Sebaiknya, terlebih dahulu Anda backup data-data penting yang ada pada smartphone Anda. Hal tersebut karena pada saat proses factory reset, semua pengaturan, aplikasi, data, dan hal lainnya akan ikut terhapus. Oleh karena itu, cara ini hanya dilakukan apabila cara lain tidak berhasil untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca.

5. Menghubungi Call Center

Cara yang terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca adalah dengan menghubungi call center kartu tersebut. Anda dapat melakukan konsultasi terhadap kondisi kartu SIM yang Anda miliki. Biasanya, pihak provider akan melakukan beberapa pengecekan terhadap kartu SIM tersebut.

Namun, Apabila terjadi kerusakan pada kartu SIM, Anda dapat meminta untuk pembuatan kartu SIM baru. Untuk mendapatkan kartu SIM baru dengan nomor yang sama, Anda harus mengikuti berbagai tahapan terlebih dahulu. Pada umumya, pembuatan kartu SIM baru dapat memakan waktu yang cukup lama. Namun, apabila Anda tidak mau menunggu terlalui lama, Anda dapat membeli kartu SIM baru saja.

Baca Juga : Apakah Nomor Kartu SIMCARD Yang Hangus Bisa Diaktifkan Kembali ?

Kartu SIM yang tidak terbaca pada smartphone tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari seperti telepon, sms, berinternet, dan lain sebagainya. Namun, setelah Anda menyimak beberapa informasi di atas tentu Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment