Tech

Samsung Galaxy S20 Trio Akan Mendukung Mode 120Hz Di Resolusi QHD & Fitur Dynamic Refresh Rate

Samsung Galaxy S20 Series memang berhasil mencuri banyak perhatian semenjak dirilis terutama Galaxy S20 Ultra yang memiliki fitur 100x Space Zoom. Jika kamu ingin tahu cara kerja fitur 100x Space Zoom, silahkan kunjungi artikle dibawah ini.

Cara Kerja Fitur 100x Space Zoom Samsung Galaxy S20 Ultra

Namun, seperti yang sudah kita ketahui, fitur tersebut hanya terdapat pada varian tertinggi di keluarga Galaxy S20 Series. Galaxy S20 dan Galaxy S20+ sendiri memang memiliki fitur tersebut, namun keduanya hanya menawarkan 30x Space Zoom.

Akan tetapi, terdapat salah satu fitur yang dimiliki ketiganya yakni 120Hz refresh rate.

Layar yang Samsung gunakan berbasis OLED display dan memiliki resolusi QHD+. Sayangya walaupun memiliki refresh rate yang tinggi, mode 120Hz hanya dapat digunakan pada resolusi Full-HD+.

Sebagai semartphone kelas flagship, tentunya hal tersebut berdampak buruk pada reputasi Galaxy S20 Series. Namun baru-baru ini, muncul rumor bahwa kabarnya Samsung akan berusaha untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut informasinya

Samsung Akan Tambahkan Fitur Dynamic Refresh Rate Untuk Galaxy S20 Trio

Samsung kabarnya akan mengatasi permasalah tersebut melalui firmware update dan tidak hanya itu, Samsung juga berencana untuk menambahkan fitur Dynamic screen refresh rate.

Sistem akan secara otomatis mengganti mode refresh rate dari 60Hz ke 120Hz yang bergantung pada aplikasi yang pengguna pakai untuk memaksimalkan pemakaian baterai.

Berita tersebut datang dari screenshot yang menunjukan Galaxy S20 menggunakan firmware versi baru yang memiliki fitur Dynamic screen refresh rate. Menurut spekulasi, sistem akan secara otomatis menurunkan refresh rate ke 60Hz saat suhu baterai mencapai 42°C atau disaat baterai berada di kapastias 5%.

Dan seperti yang sudah dijelaskan, sistem juga akan secara otomatis mengganti refresh rate menjadi 60Hz/120Hz tergantung pada aplikasi yang sedang berjalan.

Sebagai contoh, saat pengguna menjalankan aplikasi seperti Google Maps atau Kamera, sistem akan beralih ke mode 60Hz karena untuk aplikasi tersebut, menggunakan mode 120Hz tidak akan memberikan perbedaan yang signifikan. Dan ketika pengguna menjalankan game, maka sistem akan langsung beralih ke mode 120Hz karena seperti yang kita tahu, game mendapatkan keuntungan besar jika menggunakan layar dengan refresh rate yang tinggi.

Tidak hanya membuat gameplay terlihat lebih mulus dan lancar, namun hal itu juga membuat permainan menjadi lebih responsif.

Untuk saat ini, Samsung masih belum memberikan informasi resmi menyangkut hal tersebut karena mungkin, fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan.

About the author

Afrizal

Hanya seorang penulis yang mencintai dunia teknologi.
Rizal sebenarnya sangat pemalas, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghasilkan uang dari passionya
Rizal mencintai hal-hal yang berkaitan dengan komputer atau smartphone dan akan selalu memberikan berita terbaru mengenai keduanya.
Namun, terkadang dia juga suka membagi tips & trick saat tidak dikejar deadlines.
Di waktu luangnya, kamu akan melihat dia bermain gitar atau menonton film di bioskop.

Business Contact: [email protected]

Leave a Comment